PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 03 BENGKULU SELATAN

Dublin Core

Title

PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 03 BENGKULU SELATAN

Description

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kompetensi sosial guru dikarenakan kurang akrabnya antara guru dengan siswa, guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran dan selalu mengajar dengan metode ceramah atau hanya sekedar dengan memberikan tugas saja. Hal lain juga terlihat dari kurangnya interaksi antara guru dengan orang tua siswa, guru jarang sekali berkomunikasi dengan orang tua siswa sehingga orang tua tidak mengetahui perkembangan anaknya di sekolah. Dari hal tersebut membuat peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMK Negeri03 Bengkulu Selatan.
Metode penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang mengunakan teknik pengumpulan data,observasi, angket, dan dokumentasi dalam menganalisis data.
Hasil penelitian ini adalah bahwa: Berdasarkan hasil penelitian tentang Kompetensi Sosial Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 03 Bengkulu Selatan memiliki skor kompetensi sosial guru pada rentang kelas tertinggi 43-46 sebanyak 16 orang siswa (34,8%). Hal ini terlihat dari jawaban siswa berdasarkan hasil kuesioner yang mengatakan bahwa guru sering berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan Kepala Sekolah, guru sering memberi solusi ketika ada masalah dan guru sering berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan masyarakat sekitar.Sementara skor motivasi belajar siswa tertinggi terletak pada kelas 42-45 sebanyak 23 orang siswa (50,0%). Hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa berdasarkan hasil kuesioner yang mengatakan bahwa siswa sering mengikuti pembelajaran di ruangan, sering mengulang kembali materi pembelajaran di rumah, sering bersemangat untuk mengkuti pembelajaran di kelas dan sering mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.
Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Diharapkan kepada guru agar bisa secara optimal mengembangkan dan menerapkan kompetensi sosialnya dengan cara selalu melakukan komunikasi yang baik 2) Diharapkan kepada siswa untuk meningkatkan motivasi dengan cara bersemangat mengkuti pembelajaran di kelas, mengulang kembali materi pembelajaran dan membaca buku pelajaran saat di rumah dan mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya. 3) Diharapkan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut menggunakan metode penelitian yang berbeda atau menggunakan variabel penelitian lain yang berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa

Creator

ITANG DWI LAKSONO
NPM. 1619250023
Pembimbing :
Desi Firmasari, M.Pd.I
Penguji I:
Dr.Rifai'i, M.Pd
Penguji II:
Dedy Novriadi, M.Pd.I

Source

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Publisher

UPT.Perpustakaan

Date

14 Desember 2020

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Asdi Maha Satya.
As’Adut, T. 2016. “Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu”. STAIN Madinatun Najah Rengat Vol 15 Nomor 2.
Darmadi. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Al-fabeta.
Haifa, K. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 10 Makassar vol. 4.
Jamil, Suprihati Ningrum. 2013. Guru Profesional, Pedoman Kerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar Ruz Media.
Margono, S. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhammad, N. 2016. Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa/Siswi SMP Negeri 181 Jakarta Pusat Vol. 3.
Nini, P. 2016. Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 04 Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Muko-Muko (Skripsi) di Jogjakarta. Vol. 4.
Purwanto, M. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rita, M. 2014. “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini” Jakarta Vol. 3.
Sri, H. 2016. Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa Jakarta Vol.6.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Al fabeta. 2014.
Supiyadi. Strategi Belajar dan Mengajar. Parama Ilmu Yogyakarta: 2019.
TIM Fakultas Agama Islam, Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu : FAI-UMB,2003
Veronica, E, dkk. 2018. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Kristen 1 Surakarta. Universsitas Sebelas Maret Surakarta, Vol. 5.
Wiyani. 2015. “Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasinya Dalam Proses Pembelajaran”. vnJurnal Ar-ruzzme di Jogjakarta. Vol. 4.z

Citation

ITANG DWI LAKSONO NPM. 1619250023 et al., “PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 03 BENGKULU SELATAN,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1046.