PENGARUH KECEMASAN DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KESEHATAN PEGAWAI KESEHATAN KABUPATEN REJANG LEBONG

Dublin Core

Title

PENGARUH KECEMASAN DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KESEHATAN PEGAWAI KESEHATAN KABUPATEN REJANG LEBONG

Description

Kecemasan adalah kondisi psikologis seseorang yang penuh dengan rasa takut dan khawatir, sesuatu hal yang belum pasti akan terjadi. Dukungan sosial adalah pertukaran interpersonal yang dicirikan oleh perhatian emosi, bantuan instrumental, penyediaan informasi, atau pertolongan lainnya. Penelitian ini mengetahui pengaruh dari kecemasan dan pengaruh dukungan sosial pegawai kesehatan terhadap perilaku kesehatan Kabupaten Rejang Lebong memasuki masa pensiun 5 tahun yang akan datang dari tahun 2020 - 2025.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif dikelolah dengan bantuan software SPSS 16.0. Kuesioner disebar kepada pegawai kesehatan yang menggunakan purposive sampling terdiri dari 40 orang meliputi 4 lokasi penelitian yaitu RSUD Curup, DINKES Rejang Lebong, Puskesmas Perumnas dan Puskesmas Curup. teknik analisis data yakni uji validasi, dan reliabilitas, dianalisis dengan uji asumsi klasik, korelasi, regresi linier berganda.
Didapatkan bahwa: 1)kecemasan berpengaruh terhadap perilaku kesehatan dibuktikan dengan nilai P(sig).0.000 < 0.05. 2)Dukungan sosial yaitu dukungan emosional,penghargaan ,intrumental dan dukungan informatif berpengaruh terhadap perilaku kesehatan pegawai kesehatan 3)kecemasan dan dukungan sosial terhadap perilaku kesehatan secara bersamaan berpengaruh, dibuktikan dengan P(sig).0.000 < 0.05. Uji determinasi diperoleh 100% menunjukan perilaku kesehatan didorong oleh kecemasan dan dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informatif terhadap perilaku kesehatan pegawai kesehatan.

Creator

NOVRA ISRANDA
NPM.1680100017
Pembimbing : Wulan Anggraini, SKM., MKM
Penguji 1 : Hasan Husin, S.Pt., M.Kes
Penguji II : Dr Hanni Febriawati, SKM., MARS

Source

KESEHATAN MASYARAKAT

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

04 Maret 2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Arofah Sayyidah Dessy. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Optimisme Terhadap Kecemasan Menghadapi Masa Pensiun. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Astuti Puji Sri Sukoariyah. 2018. Antisipasi Menghadapi Masa Pensiun Ditinjau Dari Aspek Pengendalian Kecemasan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah Volume 1 No 1, Magelang, Agustus 2018, Hal. 17-34.
Dwilestari Peni. 2018. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kecemasan Menghadapi Masa Pensiun Pada Anggota Polri Di Samarinda. Yogyakarta. Universistas Islam Indonesia.
Lesmana Danar. 2014. Kecerdasan Spiritual Dengan Kecemasan Menghadapi Masa Pensiun. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang. Vol. 02, No.01, Januari.
Fardila Nurul, Rahmi Tuti, Putra Yanladila. 2014. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kesiapan Menghadapi Pensiun Pada Pegawai Negeri Sipil. Universitas Negeri Padang. Jurnal RAP UNP, Vol. 5 No. 2, November.
Febriawati Henni, Yandrizal. 2019. Manajemen dan Peran Puskesmas Sebagai Gatekkeper. Yogyakarta. Gosyen Publishing.
Fitriany Shari M,dkk. 2016. Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Kesehatan Lingkungan (Studi di Desa Segiguk sebagai Salah Satu Desa Penyangga Kawasan Hutan Suaka Margasatwa Gunung Raya Ogan Komering Ulu Selatan). Program Studi S2 Pengelolaan Sumberdaya Alam Universitas Sriwijaya. Volume 18 Nomor 1 Januari 2016
Hemawanto Hery. 2010. Biostatistika Dasar (Dasar – dasar statistika dalam bidang kesehatan). Jakarta. Trans Info Media.
Khussurur M, dkk. 2020. Kajian Jenis Kecemasan Masayarakat Cilacap Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19. Cilacap. LP2M Universitas Nahdatul Ulama Al Ghazali.
Mayasari Kartika Dwi. 2016. Hubungan Sense Of Humor Dengan Optimisme Menghadapi Masa Pensiun. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang
Nurodim. 2018. Teori Psikologi Kepribadian Sebuah Pandangan Tentang Hakikat Manusia. PT Refika Aditama. Bandung.
Nurvaeni, Ivanti Andriana. 2015. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Kesiapan Menghadapi Pensiun Pada Guru Sd Di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015-2016. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Pradono Septian Ganang, Purnamasari Esterlita Santi. 2012. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Masa Pensiun Pada Pegawai Negeri Sipil Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Rochman K,L. 2010. Kesehatan Mental. Purwoketo. Fajar Media Press.
Rahayu Tri Iin. 2009. Psikoterapi Perspektif Islam dan Psikologi Kontomporer. SUKSES OFFSET. Yogyakarta.
Saam Zulfan, Wahyuni Sri. 2012. Psikologi Keperawatan. Pekan Baru
Sari Safitri Hanny. 2010. Pengaruh Dukungan Sosial Dan Kepribadian Terhadap Penyesuaian Diri Pada Masa Pensiun. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sujarweni Wiratna V. 2014. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta. Gava Media
Syafitri Adistia. 2015. Pengaruh Tingkat Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Tingkat Kecemasan Menjelang Pensiun Pada Karyawan Perusahaan X Di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Universitas Muhammadiyah Gersik. Jurnal Psikosains. vol. 10, no. 1, Februari .
Undang – undang Republik Indonesia Nomor 8 tentang pokok – pokok kepegawaian. 1974. Jakarta
Unit kepatuhan dan manajemen resiko PT Kimia Farma. Pedoman Standar Prilaku.https://www.kimiafarma.co.id/images/GCG/PEDOMAN_STANDAR_PRILAKU_(COC).pdf Diakses oleh novra 26 Agustus 2020.
Wibowo Adik. 2014. Metode Penelitian Praktiktis Bidang Kesehatan. Jakarta. Rajawali Pers.
Wulandari Diana Putu Dan Lestari Diah Made. 2018. Pengaruh Penerimaan Diri Pada Kondisi Pensiun Dan Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Menghadapi Masa Pensiun Pada Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Bandung. Edisi Khusus Psikologi Positif, 87-99. Universitas Udayana
____ Profil Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong. 2016. Dinkes Rejang Lebong

Format

Pdf

Language

Bahasa Indonesia

Type

Jurnal

Citation

NOVRA ISRANDA NPM.1680100017 et al., “PENGARUH KECEMASAN DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KESEHATAN PEGAWAI KESEHATAN KABUPATEN REJANG LEBONG,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed July 12, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1297.