ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK
(Pada UMKM Batagor Bandung di Kecamatan Ipuh)

Dublin Core

Title

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK
(Pada UMKM Batagor Bandung di Kecamatan Ipuh)

Description

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang seharusnya dijalankan untuk meningkatkan penjualan produk pada UMKM Batagor Bandung di Kecamatan Ipuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang seharusnya dijalankan. Informan pada penelitian ini berjumlah 15 informan, yaitu pemilik usaha, 2 orang karyawan serta 12 orang konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif, Diagram SWOT, dan Matriks Analisis SWOT Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini nilai rata-rata bobot pada indikator kelemahan dan ancaman memiliki nilai yang lebih rendah 0.35 dan 0.45. Dalam penelitian ini dapat digambarkan bahwa UMKM Batagor Bandung di Kecamatan Ipuh memiliki kekuatan dalam memanfaatkan peluang, dari analisis perhitungan pada bab 4 dimana faktor kekuatan (Strenght) dengan nilai 2.65, faktor kelemahan (Weakness) dengan nilai 0.35, factor peluang (Opportunity) dengan nilai 0.55, dan factor ancaman (Threat) dengan nilai 0.45, maka digambarkan pada diagram SWOT yang berada pada posisi Strenght ,sehingga dapat disimpulkan bahwa posisi diagram SWOT pada UMKM Batagor Bandung di Kecamatan Ipuh berada pada posisi kuadran 1 (satu) yaitu dapat menerapkan strategi SO (Strenght-Opportunity). Srategi tersebut dintaranya : (a) menambah menu sundanese food. (b)menjaga kualitas dan mutu produk. (c) membuka cabang (d) menambah kualitas dan kuantitas karyawan (e) memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi

Creator

JAJANG ABDULATIP
NPM. 1534020142
Pembimbing 1 : Adi Sismanto S.E., M.M.
Pembimbing 2 : Tezar Arianto S.E., M.M.
Penguji 1: Dr. Khairul Bahrun, M.M
Penguji 2: Dr. Sri Ekowati S.E., M.M

Source

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

11 Juli 2020

Contributor

Univeristas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Univeristas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

DAFTAR PUSTAKA
Asdi, & Rizal, S, (2019), “Starategi Pemasaran Produk Tabungan Simpedes dalam
Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Sungguminasa”. Bongaya Journal for Research in Management, Vol. 2. No. 1. pp. 17-25

Basu Swastha, (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE.

Cahyono, P, (2016), “Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada Pt. Prudential Cabang Lamongan”. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Vol. 1. No. 2.

Daryanto, (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

David, Fred R, (2010). Strategic Management, Manajemen strategis. Edisi Kedua belas, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Hastuti, P, (2016), “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Roti Pada CV. Jordan Bakery di Landasan Ulin Banjarbaru”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 2. No. 1. pp. 54-69.

Ichwanda, F, I, & Arifin, Z, & Yulianto, E, (2015) “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 27. No. 1.

Kertajaya, Hermawan, (2006). Seri 9 Kertajaya on Marketing Mix. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Umum.

Manap, Abdul, (2012). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana
Media.

Moekijat, (2000). Kamus Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju

Munadi, A, F, (2013), “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor Pada CV. Turangga Mas Motor”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Vol. 1. No.1. pp. 33.

Noor, S, (2014), “Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malan”. Jurnal INTEKNA, Vol. 14. No. 2.
pp. 102-209.

Noviyanti, E, & Suprajang, S, E, (2015), “Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dan Keputusan Pembelian Pada Ud. Prima Tulungagung”. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), Vol. 2. No.1.


Rahman. F, & Primanto, A, B, (2019), “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Mobil Toyota Pada Pt. Invicta Toyota Pamekasan”. Vol. 3. No. 1.

Ratini, P, M, (2014), “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Tiara Dewata Denpasar”. Forum Manajemen, Vol. 12. No. 1.

Sari, A, K, (2017), “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Perusahaan Telkomsel Distribution Center Bojonegoro”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 5. No. 1. pp. 24.

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Bisnis(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Swastha, (2003). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy, (2003). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Widharta, W, P, & Sugiharto, S, (2013), “Penyususnan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai”. Jurnal Manajemen Pemasaran,Vol. 2. No.1. pp. 12

Winardi, J., (2005). Manajemen Perubahan (The Management of Change). Cetakan Ke-1, Jakarta: Prenada Media.)

Collection

Citation

JAJANG ABDULATIP NPM. 1534020142 , Pembimbing 1 : Adi Sismanto S.E., M.M. Pembimbing 2 : Tezar Arianto S.E., M.M. , and Penguji 1: Dr. Khairul Bahrun, M.M Penguji 2: Dr. Sri Ekowati S.E., M.M, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK
(Pada UMKM Batagor Bandung di Kecamatan Ipuh)
,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed January 30, 2023, http://repo.umb.ac.id/items/show/134.