PERANCANGAN SMART TRASH BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK MENGENDALIKAN VOLUME DAN PEMBUSUKAN SAMPAH

Dublin Core

Title

PERANCANGAN SMART TRASH BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK MENGENDALIKAN VOLUME DAN PEMBUSUKAN SAMPAH

Description

Persoalan sampah tak kunjung selesai. Tingginya kepadatan penduduk membuat konsumsi masyarakat pun tinggi, sebanding dengan peningkatan jumlah sampah setiap tahunnya. Sampah yang dibuang sebagian besar diproduksi dari sampah rumah tangga yang menimbulkan bau tak sedap. Permasalahan tersebut tidak bisa dianggap sepele selain merusak lingkungan juga mengurangi tingkat kenyamanan orang sekitar. dikarenakan bau yang dikeluarkan sampah sangat menyengat sehingga mengganggu aktivitas sekitar. Sistem kotak sampah pintar yang dibuat bisa mengetahui volume kotak sampah dan pembusukan sampah yang terjadi dikotak sampah. Dan sistem ini terhubung dengan sistem IoT yaitu web server thingspeak. Cara kerja dari sistem ini adalah apabila kotak sampah penuh maka kotak sampah tidak akan terbuka untuk membuang sampah, dan apabila kotak sampah bau sesuai dengan diatur oleh sistem maka kotak sampah tidak akan terbuka, dan petugas pun bisa memonitoring keadaan kotak sampah pada web server yang telah ada, sehingga apabila kotak sampah bau atau penuh petugas siap langsung mengambil kotak sampah tersebut. Sensor ultarsonik dan sensor mq-135 yang digunakan pada sistem dapat berjalan sesuai yang diharapkan yaitu bisa mendeteksi volume dan pembusukan sampah. Informasi tentang volume dan pembusukan sampah dapat dimonitoring atau dilihat memalui handphone yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Kecepatan update data pada web server adalah 20 detik per data. Data pada web server menjadi data grafik.

Creator

Muhammad Yudha Gustiawan
NPM : 1660100014
Pembimbing : Dedy Abdullah.ST,.M.Eng
Ketua Rozali Toyib, S.Kom, M.Kom ( )


Anggota I Anisya Sonita, S.Kom, M.Kom ( )

Source

TEKNIK INFORMATIKA

Publisher

upt

Date

09/03/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Burange, A. W., & Misalkar, H. D. Review of Internet of Things in Development of Smart Cities with Data Management & Privacy. Februari 2015.
Hamzah, A dan Andita, D. S. ”Pengenalan Polusi Kebauan Berdasarkan Parameter Bau Dengan Sampel Limbah Di Lingkungan Sekita”. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor, Bogor, 2018.
Herpa, Andre P. 2018. Rancang bangun sistem monitoring kadar gas dan Kontrol jendela untuk pengendali kadar udara dalam Ruangan berbasis web.Bandar Lampung: Universitas Lampug.
Hartono, Rudi. 2013. Perancangan Sistem Data Logger Temperatur Baterai Berbasis Arduino Duemilanove. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Jember Program Studi Diploma III Teknik Elektronika.
Junaidi, Apro. 2015. Internet Of Things, Sejarah, Teknologi Dan Penerapannya: Review. Bandung: Universitas Widyatama.
Malik, Ibnu dan M Unggul J. 2009. Aneka proyek Mikrokontroler PIC16F84/A. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatika. Surabaya,Indonesia: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran.
Redaksi, G. “2019, Produksi Sampah Di Indonesia 67,1 Juta Ton Sampah Per Tahun”. 10 Juli 2015. [Online]. Available: https://geotimes.co.id/arsip/2019-produksi-sampah-di-indonesia-671-juta-ton-sampah-per-tahun/. [Accessed 11 November 2019].
Sari, kartika, Cucu Suhery, dan Yudha Arman. 2015. Implementasi Sistem Pakan Ikan Menggunakan Buzzer Dan Aplikasi Antarmuka Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Kalimantan (Volume 03, No. 2 (2015), hal 111-122)
Tabroni, Iman. 2017. Prototipe Forklift Omnidirectional Wheel Dan Lengan Robot Berbasis Mikrokontroler Atmega1284 Dan Joystick. Program Studi Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Riski, P. 2019. “Tidak Hanya Ganggu Kesehatan, Sampah Juga Merusak Lingkungan”. 3 Juli 2019. [Online]. Available : https://www.mongabay.co.id/ 2019/07/03/tidak-hanya-ganggu-kesehatan-sampah-juga-merusaklingkungan /. [Accessed 26 November 2019].
Tholib, R. “Automatic Warning System Smarttrash (Awassh) Berbasis Arduino Nano”. Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. 2019.
Yusuf, Muchamad. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Pt Mitra Usaha Printindo. Skripsi Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Gici Batam.
Zulhelman, Haidar Afkar Ausha dan Rachma Maharani Ulfa. 2016. Pengembangan Sistem Smart Aquaponik. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Jakarta (POLITEKNOLOGI VOL. 15 No. 2 MEI 2016)
Zulhelman, Haidar Afkar Ausha dan Rachma Maharani Ulfa. 2016. Pengembangan Sistem Smart Aquaponik. Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Jakarta (POLITEKNOLOGI VOL. 15 No. 2 MEI 2016)

Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Coverage

bahasa indonesia

Collection

Citation

Muhammad Yudha Gustiawan NPM : 1660100014 , Pembimbing : Dedy Abdullah.ST,.M.Eng, and Ketua Rozali Toyib, S.Kom, M.Kom ( ) Anggota I Anisya Sonita, S.Kom, M.Kom ( ) , “PERANCANGAN SMART TRASH BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK MENGENDALIKAN VOLUME DAN PEMBUSUKAN SAMPAH

,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed December 4, 2022, http://repo.umb.ac.id/items/show/1528.