PROSES ADAPTASI SPEECH CODE DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA
(Studi Pada Mahasiswa Etnis Batak Marga Situmorang di Universitas Bengkulu)

Dublin Core

Title

PROSES ADAPTASI SPEECH CODE DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA
(Studi Pada Mahasiswa Etnis Batak Marga Situmorang di Universitas Bengkulu)

Description

Latar belakang budaya yang berbeda menjadi alasan mahasiswa etnis Batak yang merantau ke Bengkulu dituntut untuk beradaptasi pada kebudayaan yang ada di Bengkulu, termasuk speech codenya seperti gaya bahasa, intonasi, logat, ataupun cara berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses adaptasi budaya yang dilakukan oleh Mahasiswa Etnis Batak khususnya dari speech code nya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data analisis didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan) dan Teori Akulturasi dan Culture Shock.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mahasiswa Etnis Batak dapat melakukan adaptasi dengan 4 metode: Asimilasi, Separasi, Integrasi, dan Hibriditas Budaya. Asimilasi merupakan salah satu proses Mahasiswa Etnis Batak dalam menyamakan dua kebudayaan untuk menjaga relasi dan berbaur dengan budaya baru di lingkungan Mahasiswa Bengkulu dengan meniadakan prasangka. Separasi merupakan salah satu cara Mahasiswa Etnis Batak untuk tetap bertahan pada budaya sendiri, meminimalisir interaksi, dan seseorang cenderung berkelompok yang berasal dari budayanya sendiri. Integrasi merupakan salah satu cara yang ditawarkan kepada Mahasiswa Etnis Batak untuk bertahan pada speech code dan budayanya sendiri namun masih berinteraksi dan berbaur dengan Mahasiswa asal Bengkulu. Sedangkan Hibriditas Budaya merupakan salah satu cara Mahasiswa Etnis Batak dalam melakukan negosiasi dan adaptasi untuk memperoleh persepsi yang memadai dalam budaya tuan rumah Bengkulu.

Creator

E.P Fitria Mayang Sari
NPM : 1670200016
Dosen Pembimbing :
Fitria Yuliani, M.A
Penguji I:
Eceh Trisna Ayu, M.Ikom
Penguji II:
Sri Dwi Fajarini, M.Ikom

Source

Ilmu Komunikasi

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

28 September 2021

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Griffin, Emory, 2006. A First Look At Communication Theorysixth. New York: McGraw-Hill
Liliweri, Alo. 2003. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Liliweri, Alo. 2009. Makna Budaya dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: PT. Lkis Printing Cemerlang.
Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, Lexy, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
Morissan, 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
Mulyana, Deddy, 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy, Rahmat Jalaluddin, 2016.Komunikasi Antarbudaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryandari, Nikmah, 2019. Buku Ajar Komunikasi Lintas Budaya. Surabaya: Putra Media Nusantara. Sumber Lain Jurnal Mawalia, Khefti Al, 2017. Komunikasi Antar Budaya Madura dan Yogyakarta. Yogyakarta Sasanti, Vitri Ajeng, 2019. Proses Adaptasi Speech Code dalam Komunikasi Antarbudaya. Malang Sasya, Ananda Sisilia, 2019. Proses Adaptasi Speech Code dalam Komunikasi Antar Budaya Mahasiswa Asal Kalimantan Timur terhadap Mahasiswa Asal Jawa Timur. Malang Utami, Setyo LS, 2015. Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanegara Jakarta, Desember 2015. Vol. 7, No. 2. Hal 180-197. Sumber Internet : https://communicateur.wordpress.com/2012/11/18/pentingnya-komunikasi-dalam-kehidupan-manusia/ (Diakses pada 9 Juli 2020 pukul 20:44 WIB)
https://www.bps.go.id/ (Diakses pada 11 Juli 2020 pukul 14:26 WIB)
https://www.mildaini.com/2016/01/hore-universitas-bengkulu-masuk-sebagai.html (Diakses pada 11 Juli 2020 pukul 13:42)
http://www.kumpulanpengertian.com/2016/02/pengertian-komunikasi-antar-budaya-kab.html (Diakses pada 27 Oktober 2020 Pukul 22:02 WIB)
https://www.obatak.id/2015/03/sejarah-singkat-situmorang.html (Diakses pada 21 April 2021 02:25)

Collection

Citation

E.P Fitria Mayang Sari NPM : 1670200016 et al., “PROSES ADAPTASI SPEECH CODE DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA
(Studi Pada Mahasiswa Etnis Batak Marga Situmorang di Universitas Bengkulu),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed April 15, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/2199.