ANALISIS LAPORAN REALISASI ANGGARAN BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN (BOK) UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA PADA PUSKESMAS KETAHUN TAHUN 2016-2018

Dublin Core

Title

ANALISIS LAPORAN REALISASI ANGGARAN BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN (BOK) UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA PADA PUSKESMAS KETAHUN TAHUN 2016-2018

Description

Judul Penelitian ini adalah Analisis Laporan Realisasi Anggaran Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Untuk Menilai Efektivitas dan Efisiensi Kinerja Pada Puskesmas Ketahun Tahun 2016-2018. Penelitian ini didasari untuk mengetahui kinerja Puskesmas Ketahun berdasarkan Laporan Realisasi Anggaran Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Faktor-faktor tersebut dilihat dari adanya karyawan Puskesmas Ketahun atau penanggung jawab program yang merasa complain terhadap bendahara karena kegiatan ada yang tidak di realisasikan dalam pengerjaannya. Objek dalam penelitian ini adalah Puskesmas Ketahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara serta dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan Puskesmas Ketahun Tahun 2016-2018, jika dilihat dari segi rasio efektivitas maka mendapatkan hasil yang kurang efektif yaitu sebesar 88,99%. Sedangkan jika dilihat dari segi rasio efisiensi, Puskesmas Ketahun masuk kedalam kategori cukup efisien, dengan rata-rata hasil 61,93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan Puskesmas Ketahun cukup baik, walaupun tingkat efektivitas masih kurang efektif. Tetapi jika dilihat dari nilai pertahunnya, maka Puskesmas Ketahun sudah berkembang dan terus memperbaiki diri dalam kinerjanya.

Creator

Pembimbing :
Furqonti Ranidiah, S.E., M.M
Penguji I :
Yudi Pratama Putra, SE., Ak., M.Si., CA
Penguji II :
Ahmad Junaidi SE., M.Si

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

14 Oktober 2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Abdul Halim , Muhammad Syam Kusufi, (2016). Teori, Konsep dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik Dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan Dari Pemerintah Hingga Tempat Ibadah. Jakarta: Salemba Empat.
Adisasmita, Rahardjo, (2011). Manajemen Pemerintah Daerah. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Afiah, Nunuy. 2009. Akuntansi Pemerintahan : Implementasi Akuntansi Keuangan Pemerintahan Daerah. Buku 1, Edisi 2. Jakarta : Penerbit Prenada Media Group.
Arif, Bachtiar dkk. (2002). Akuntansi Pemerintahan. Jakarta : Salemba Empat.
Ayu. (2017). Analisis Rasio Kemandirian, Rasio Efektivitas PAD, Dan Rasio Efisiensi PAD Pada Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sukabumi. 5(9), 1–58.
Bappelitbang, P., Minahasa, N., Akuntansi, J., & Ekonomi, F. (2016). Analisis Efisiensi Dan Efektivitas Laporan Realisasi Anggaran Di Badan Perencanaan Pembangunan Dan Penelitian Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 659–671.
Basariyah, S. (2009). Anggaran Belanja Pada Badan Pemberdayaan. 32.
Darise, Nurlan. 2009. Pengelolaan Keuangan Daerah Edisi ke-2. Jakarta: PT Indeks.
Darsono, P, (2005), Manajemen Keuangan, Pendekatan Praktis Kajian Pengambilan Keputusan Bisnis Berbasis Analisis Keuangan, Penerbit Diadit Media, Jakarta.
Handoko, T. Hani (1998). Dasar-dasar Managemen Produksi dan Operasi. Edisi Satu. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta: BPFE.
Haryanto. (2007). Akuntansi Sektor Publik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indra Bastian. (2013). Sistem Akuntansi Sektor Publik, edisi 3, Jakarta: Salemba Empat.
Kepmendagri, Nomor 690.900.327, (1996), Tentang Pedoman Penilaian dan Kinerja Keuangan.
Mahmudi. (2011), Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta:Penerbit UII Press.
Mardiasmo. (2009), Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi
Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
Mihaiu, Diana M; Opreana, Alin & Cristescu, Marian P. (2010). “Efficiency, Effectiveness and Performance of the Public Sector”. Romanian Journal of Economy Forecasting. 4/2010. Institute of Economic Forecasting.
M Nafarin. (2012). Penganggaran Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.
Nordiawan, Dedi. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.
Schermerhorn, Jr., John, R. (1986).Management for Productivity.New York: JohnWilley & Sons.
Siagian, Sondang P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumenge, A. S. (2013a). Analisis Efektifitas dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perenanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Minahasa Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sumenge, A. S. (2013b). Analisis efektivitas dan efisiensi anggaran belanja pada dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi sulawesi utara. Jurnal EMBA, 1(3), 74–81.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ulum Ihyaul, (2004). Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta : Penerbit UMM PRESS
Walandouw, S., Tinangon, J., & Dien, A. (2015). Analisis Laporan Realisasi Anggaran Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 534–541.
Waney, C. K., Saerang, D. P. E., & Alexander, S. W. (2018). Analisis Realisasi Anggaran Untuk Menilai Efektivitas Dan Efisiensi Kinerja Pemerintah Di Dinas Pertanian Dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).
Yunianti, U. (2015), Analisis Efisiensi dan Efektivitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa),Repository Universitas PGRI Yogyakarta,eprint 334

Collection

Citation

Pembimbing : Furqonti Ranidiah, S.E., M.M, Penguji I : Yudi Pratama Putra, SE., Ak., M.Si., CA, and Penguji II : Ahmad Junaidi SE., M.Si, “ANALISIS LAPORAN REALISASI ANGGARAN BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN (BOK) UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA PADA PUSKESMAS KETAHUN TAHUN 2016-2018,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed June 13, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/2420.