PENERAPAN LINEAR CONGRUENT METHOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN REPRODUKSI REMAJA BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI (SMPN 01 BENGKULU UTARA)

Dublin Core

Title

PENERAPAN LINEAR CONGRUENT METHOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN REPRODUKSI REMAJA BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI (SMPN 01 BENGKULU UTARA)

Description

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada tahap ini akan terjadi perubahan terhadap tubuh dan mental anak. SMPN 01 Bengkulu Utara memberikan perhatian khusus terhadap fase perubahan tersebut agar para remaja tidak terjerumus kedalam pergaulan ataupun tindakan yang melawan norma. Salah satu guru IPA, yaitu Dian Oktaviana, M.Pd. berpendapat bahwa anak-anak semangat dan antusias saat materi kesehatan reproduksi diulas. SMP 01 Bengkulu Utara tetap mengedukasi siswanya mengenai reproduksi pada batasan-batasan tertentu yang sesuai dengan usia siswanya. Pada masa pandemi saat ini, ada 2 metode pembelajaran yang sedang berjalan yaitu menggunakan carta dan video melalui aplikasi zoom dan classroom, sedangkan metode ceramah dikelas dengan frekuensi mengajar 2 minggu sekali yang mana biasanya dilakukan dengan frekuensi mengajar 2 kali dalam seminggu. Ketika pembelajaran dilakukan secara tatap muka saat ini dimana terdapat masalah pandemi covid membuat ada keterbatasan waktu dan jumlah siswa dalam sekali pelajaran. Selain itu, belajar menggunakan zoom bermasalah dikualitas jaringan, materi banyak di upload tanpa siswa mendengar ceramah sehingga siswa langsung menyimpulkan sendiri, keterbatasan waktu pada zoom yang seharusnya dilakukan di sekolah 2 kali dalam seminggu. Aplikasi Penerapan Linear Congruent Method Sebagai Media Pembelajaran Reproduksi Remaja Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi (SMPN 01 Bengkulu Utara) memiliki dua bagian utama, yaitu bagian materi dan latihan. Kesimpulan yang bisa ditarik dari pembahasan pada bab sebelumnya adalah Penerapan Linear Congruent Method Sebagai Media Pembelajaran Reproduksi Remaja Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi (SMPN 01 Bengkulu Utara) berhasil dibangun menggunakan bahasa pemrograman java dan software android studio. Aplikasi dapat memberikan materi pembahasan mata pelajaran biologi bab reproduksi. Aplikasi memberikan soal dan pilihan jawaban sebagai proses latihan dan menampilkan hasilnya. Algoritma linear congruential method dapat melakukan pengacakan soal yang akan ditampilkan.

Creator

ILHAMI WITADO
1760100222
Pembimbing :
Marhalim, S.Kom., M.Kom
Penguji I :
Ardi Wijaya, S.Kom., M.Kom
Penguji II :
Khairullah, S.Kom., M.Kom

Source

TEKNIK INFORMATIKA

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

16 Oktober 2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Juansyah, A. (2015). Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted–global positioning system (a-gps) dengan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1-8.
Mawardika, T., Indriani, D., & Liyanovitasari, L. (2019). Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Melalui Pendidikan Kesehatan Berupa Aplikasi Layanan Keperawatan Kesehatan Reproduksi Remaja (Lawan Roma) Di Smp Wilayah Kerja Puskesmas Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(2), 99-110.
Chandra, M. C., & Wiradinata, T. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Inventori (Studi Kasus UD Sejahtera).
Miswanto, M. (2014). Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas pada Remaja. Jurnal Studi Pemuda, 3(2), 111-121.
Munthe, D. (2014). Implementasi linier congruent method (LCM) pada aplikasi tryout SNMPTN. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, 7(2), 111-115.
Novaeni, N., Dharminto, D., Agusyahbana, F., & Mawarni, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Berbasis Android Untuk Pembelajaran Biologi di SMA Pius
Kabupaten Purworejo Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(1), 138-147.
Pressman, R. S. (2005). Software engineering: a practitioner's approach. Palgrave macmillan.
Safaat, N. (2012). Android; Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.
Syafaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Sudiarto, S., Niswah, F. Z., Pranoto, R. E. P., Hanifah, I., Enggardini, A. A., Masruroh, Z., & Muhammad, H. N. A. (2019). Optimalisasi Pendidikan Kesehatan Kepada Remaja Melalui Aplikasi Android Profoteen. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 2(2), 74-79.
Yarza HN, Kartikawati E. Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Mencegah Penyimpangan Seksual. Sarwahita. 2019 Oct 24;16(01):75-9.

Collection

Citation

ILHAMI WITADO 1760100222 et al., “PENERAPAN LINEAR CONGRUENT METHOD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN REPRODUKSI REMAJA BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI (SMPN 01 BENGKULU UTARA),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed June 15, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/2454.