ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI MENTIMUN DI KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG
SKRIPSI

Dublin Core

Title

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI MENTIMUN DI KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG
SKRIPSI

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan, benih, tenaga kerja, urea dan pestisida terhadap produksi usahatani mentimun di Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari responden melalui teknik wawancara dengan berpedoman pada kuesioner (daftar pertanyaan) sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari literatur yang ada (literatur) dari instansi pemerintah atau instansi lain yang terkait dengan penelitian. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas yang dihitung menggunakan persamaan regresi linier berganda dan diolah dengan program SPSS versi 21. Selanjutnya dari hasil penelitian, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani mentimun di Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang dapat disimpulkan sebagai berikut: secara simultan variabel luas lahan (X1), benih (X2), tenaga kerja (X3 ), pupuk urea (X4), dan pestisida (X5) berpengaruh sangat nyata (**) terhadap produksi mentimun di Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang. Secara individual variabel luas lahan (X1) memberikan pengaruh yang sangat nyata (**) dan variabel tenaga kerja (X3) berpengaruh nyata (*) terhadap produksi mentimun di Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang, sedangkan variabel benih (X2), variabel pupuk urea (X4) dan variabel pestisida (X5) tidak berpengaruh nyata terhadap mentimun produksi di Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang.

Creator

ROJI ISHAR
1650090014
Pembimbing I :
Dr.Novitri Kurniati , SP . MP
Penguji I :
Dr.Edi Efrita , SP , MP
Penguji II :
Ir. Edy Marwan , MM

Source

Agribisnis

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

23 OKTOBER 2021

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Badan Pusat Statistik kabupaten Kepahiang. Kabupaten Kepahiang Dalam Angka 2018: Bengkulu Kepahiang.
Cahyono. 2003. Teknik dan Strategi Budidaya Sawi Hijau (Pai-Tsai). Hal 12-62. Yogyakarta
Hidayatullah. Arief. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Ketimun Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Program Studi Agribisnis : STIPER Amuntai
Mawaddah. 2009. Analisis Pendapatan Usaha tani Metimun di Desa Sukamerindu Kabupaten Kepahiang.
Masese, Zaedar A. Dg. 2011. Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Kacang Tanah di Desa Pondan Kecamatan Lamala Kabupaten Banggai. Skripsi (tidak dipublikasikan). Fakultas Pertanian: Universitas Tompotika Luwuk.
Mubyarto. 1977. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta.
Rahim, Abd. 2012. Model Ekonometrika Perikanan Tangkap. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Rahim, Abd. 2003. Ekonomika Pertanian,Pengantar Teori dan Kasus : Penebar Swadaya
Simamora, Liska. 2013. Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Kacang Tanah di Kabupaten Tapanuli Utara (studi kasus: Desa BanuajiIV, Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara). Skripsi (tidak dipublikasikan). Jurusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian: Universitas Sumatera Utara Medan.
Soekartawi, 1987. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasinya. CV Rajawali. Jakarta
Sukiyono, Ketut. 2012. Penelitian Survai dan Teknik Sampling. Fakultas Pertanian: Universitas Bengkulu
Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian: Teori dan Aplikasi. PT Raja Grafindo Perkasa. Jakarta
Soekartawi. 2003. E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang, Makalahpada seminar nasional ‘E-Learning Perlu E-Library’ di Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Collection

Citation

ROJI ISHAR 1650090014 et al., “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI USAHATANI MENTIMUN DI KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG
SKRIPSI,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed January 30, 2023, http://repo.umb.ac.id/items/show/2492.