STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MASYARAKAT MULTIETNIS DALAM MEMBANGUN HARMONISASI (Studi Di Desa Suro Bali Kec.Ujan Mas Kab.Kepahiang)

Dublin Core

Title

STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MASYARAKAT MULTIETNIS DALAM MEMBANGUN HARMONISASI (Studi Di Desa Suro Bali Kec.Ujan Mas Kab.Kepahiang)

Description

Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Komunikasi Antar Budaya Masyarakat Multietnis dalam membangun Harmonisasi (Studi Di desa Suro Bali Kec.Ujan Mas Kab.Kepahiang). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Strategi Komunikasi Masyarakat Multietnis dalam Membangun Harmonisasi di Desa Suro Bali Kec.Ujan Mas Kab. Kepahiang.
Teori utama dalam penelitian ini yaitu Negosiasi Muka (Face-Negotiation Theory). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data lisan maupun tulisan yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapat bahwa di Desa Suro Bali ini, Mengapa jarang sekali terjadi konflik apalagi sampai berkepanjangan karena masyarakat multietnis yang ada Di Desa Tersebut selalu bisa memanajemen wajahnya untuk menghindari suatu konflik seperti setiap berinteraksi mau dengan etnis apapun itu mereka saling menyapa saat bertemu, seperti melambaikan tanggan, memberikan senyuman, menganggukan kepala, saat berinteraksi pupil mata agak sedikit mengecil dan disertai nada bicara yang tidak meninggi serta masyarakat desa Suro Bali juga memiliki strategi dalam membangun Harmonisasi seperti memiliki wadah/ tempat berkumpul yang dibuat oleh perangkat desa, untuk menyelesaikan suatu konflik yang dinamakan (Diskusi keluarga) sehingga menjadi salah satu strategi dalam membangun harmonisasi agar terwujudnya masyarakat yang harmonis selain itu juga ada strategi lainnya seperti dari segi Bahasa,Interaksi Sosial, dan juga saling Toleransi, serta adannya budaya saling “undang, budaya “saling kunjungi”, budaya saling ”gotong royong”, budaya saling memberi makanan dan menanamkan Prinsip “Kekeluargaan”.

Creator

SELVI APRILIA
NPM : 1770200014
Pembimbing :
Fitria Yuliani, M.A
Penguji I :
Eceh Trisna Ayu, M.I.Kom
Penguji II:
Melly Eka Karina, M.I.Kom

Source

Ilmu Komunikasi

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

15 November 2021

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Cangara, Hafied.2003.Perencanaan dan Strategi Komunikasi.Rajawali Pers: Jakarta
Effendi,Onong Uchiana.2003.Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi.Citra Aditya Bakti:Bandung
L. Tubbs, Steward & Sylvia Moss. 1996. Prinsip-prinsip Dasar Komunikasi. Bandung; P.T. Remaja Rosdakarya.
Liliweri, Alo. 2001. Dasar-dasar Komunikasi Antarbudaya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana, Jakarta.
Mulyana, Deddy. 2005.Ilmu Komunikasi: suatu pengantar. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Mulyana, deddy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT.Remaja Rosdakarya: Bandung
Nasrullah, Rulli. 2012. Komunikasi Antar Budaya: Di Era Budaya Siber. Kencana Prenada Media Group: Jakarta
Raharjo, Turnomo.2005.Menghargai Perbedaan Kultural.Bandung:Pustaka Pelajar Offset
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Soelhi, Mohammad. 2015. Komunikasi Lintas Budaya: dalam Dinamika Komunikasi Internasioanl. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Sudjarwo, M. S. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Mandar Maju: Bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Suryadi. 2004.Citra Budaya Padang.Padang Panjang
JURNAL
Adi, N. 2012. Pola Komunikasi Antarbudaya Batak dan Jawa di Yogyakarta.Jurnal Komunikasi, 1, 408.
Anita, P. 2018.Bentuk Komunikasi Masyarakat Pendatang Dengan Masyarakat Lokal Dalam Proses Adaptasi Antar Budaya.eJournal Ilmu Komunikasi, 6, 84.
Hana, S. 2013. Komunikasi Antarbudaya Dalam Masyarakat Multikultur. Jurnal Kajian Komunikasi, 1, 97.
SKRIPSI
Haliki, 2013. Analisis pola interaksi masyarakat pendatang terhadap masyarakat lokal di sumbawa barat. Ilmu Komunikasi FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khefi al mawali. Komunikasi AntarBudaya Madura dan yogyakarta. FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pramono, Singgih. 2003. Hambatan Komunikasi Antarbudaya Masyarakat Suku Jawa Dengan Masyarakat Suku Rejang (Studi Kasus Pada Interaksi Antaretnis di Kelurahan Kemumu Kecamatan Kota Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara). Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu.
WEBSITE
https://bengkulukota.bps.go.id
https://Kepahiangkab.go.id https://mfazrul99.blogspot.com
https://noviawati-lesmana-fisip15.web.unair.ac.id/
https://www.indonesia.go.id/profil/suku-bangsa
https://www.psychologymania.com
https://www.yuksinau.id/suku-minangkabau/

Citation

SELVI APRILIA NPM : 1770200014 et al., “STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MASYARAKAT MULTIETNIS DALAM MEMBANGUN HARMONISASI (Studi Di Desa Suro Bali Kec.Ujan Mas Kab.Kepahiang),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed January 30, 2023, http://repo.umb.ac.id/items/show/2671.