TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BETUNGAN KOTA BENGKULU

Dublin Core

Title

TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BETUNGAN KOTA BENGKULU

Description

ABSTRAK
Semakin banyaknya puskesmas yang tersebar di seluruh Kota Bengkulu dan sekitarnya, maka dapat dipastikan ketatnya persaingan diantara puskesmas. Hal ini mengakibatkan kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi salah satu kebutuhan dasar, pelayanan jasa kesehatan yang berkualitas sangat diharapkan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada setiap dimensi kualitas pelayanan.
Desain penelitian menggunakan kuantitatif dengan penelitian survei. Banyaknya sampel yang digunakan adalah 108 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel accidental sampling. Dalam penelitian ini tingkat kepuasan pasien diukur dengan menggunakan SERVQUAL untuk menentukan tingkat kesenjangan antara nilai harapan dan nilai kenyataan.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan di Puskesmas Betungan berdasarkan dimensi tangible (-0,62), reliability (-0,59), responsiveness (-0,62), assurance (-0,70) dan empaty (-0,64) bernilai negatif, yang berarti tingkat kepuasannya belum memenuhi standar harapan yang diinginkan pasien. Dimensi dengan nilai SERVQUAL tertinggi yaitu dimensi empaty sehingga perlu di prioritaskan oleh pihak puskesmas Betungan.
Diharapkan pihak puskesmas dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan melakukan pelayanan terbaik seperti menerapkan aspek kepuasan ( bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian).

Creator

SUCI TRIUTAMI
NPM 1580100039
Pembimbing 1
Dr. M. Amin, M.Si
Pembimbing 2
Riska Yanuarti, SKM., MKM
Pengguji 1
Dr. Heni Febriawati, SKM,Mars
Pengguji 2
Oktarianita, SKM, MKM

Source

KESEHATAN MASYARAKAT

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN UMB

Date

15 JUNI 2022

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

BAHASA INDONESIA

Identifier

Effendi,Ferry. 2009. Keperawatan kesehatan Komunitas: Teori dan Praktek dalam keperawatan. Jakarta :salemba Medika.
Emilia Sri.2016. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien di UPT Puskesmas Sindangjawa Kabupaten Cirebon. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Febriawati H., Yanrizal.2019. Manajemen dan Peran Puskesmas sebagai Gatekeeper. Yogyakarta : Gosyen Publishing
Indriantoro,Supomo.2002.Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akutansi dan Manajemen.Edisi Pertama,BPFE,Yogyakarta.
Indriaty.2010.Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Notoatmodjo,Soekidjo.2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Pohan, Imbalo. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta :EGC
Puskesmas Betungan.2019.Registrasi Pasien Umum dan BPJS di Puskesmas Betungan. Kota Bengkulu
Rahmulyono Anjar.2008.Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Pasien Puskesmas Depok I di Sleman. Fakultas ekonomi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Rency Teara NI.2017.Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan Jasa Di Upt. Klinik Kesehatan Universitas Sriwijaya Menggunakan Fuzzy Service Quality. Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya, Palembang.
Sambodo, Dirgantara.(2014). Analisis Kepuasan Konsumen dengan SERVQUAL Studi Kasus : Media Sosial BHINEKA.com. Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Ilmu Komunikasi Kalbis Institute, Jakarta
Setiadi.2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta :Graha Ilmu.
Situmorang Marsaing.2008. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Flexi (CDMA) dengan Metode SERVQUAL. Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Departemen Teknik Industri, Depok
Sujarweni VW, Endrayanto P. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umar, Husein.2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Yamit, Zulian.2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama, Cetakan Keempat,Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.
https://makassar.sindonews.com tahun 2019
https://pedomanbengkulu.com tahun 2018

Citation

SUCI TRIUTAMI NPM 1580100039 et al., “TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BETUNGAN KOTA BENGKULU,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/2837.