ANALISIS CURAHAN TENAGA KERJA WANITA USAHATANI PADI SAWAH DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS
KABUPATEN SELUMA

Dublin Core

Title

ANALISIS CURAHAN TENAGA KERJA WANITA USAHATANI PADI SAWAH DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS
KABUPATEN SELUMA

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya curahan tenaga kerja wanita usahatani padi sawah Di Desa Karang Anyar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi curahan tenaga kerja wanita usahatani padi sawah Di Desa Karang Anyar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dimana data dikumpulkan dengan menggunakan quisioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sample random sampling sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan metode slovin dengan 50 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa curahan tenaga kerja wanita usahatani padi sawah Di Desa Karang Anyar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma adalah rata-rata 24,384 HSKP/UT atau 71,256 HKSP/ha dalam satu kali musim tanam dengan luas lahan rata-rata 0,3422 Ha dan secara bersama-sama variabel luas lahan (X1), umur (X2), pendidikan (X3), jumlah tanggungan keluarga (X4), dan pengalaman usahatani (X5) berpengaruh signifikan terhadap curahan tenaga kerja wanita usahatani padi sawah (Y) sebesar 79,9% dan sisanya 20,1% di pengaruhi oleh variabel lainnya. Sedangkan secara parsial variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap curahan tenaga kerja wanita adalah luas lahan (X1) dan Jumlah tanggungan keluarga (X4).

Creator

ERA MELIA
NPM : 1750090004
Pembimbing 1
Dr. Novitri Kurnianti, S.P., M.P
Pembimbing 2
Anton Feriady, S.P., M.P
Pengguji 1
Dr. Edy Efrita, S.P., M.P
Pengguji 2
Ir. Edy Marwan, MM

Source

AGRIBISNIS

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

20 JUNI 2022

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU


Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

BAHASA INDONESIA

Identifier

Abdullah, Sukmawati. 2012. Curahan Waktu Kerja Gender Pada Usahatani Padi Sawah Di Desa Tampabulu Kecamatan Poleang Uatara Kabupaten Bombana. Jurnal agribisnis fakultas pertanian universitas haluoleo kendali, Vol. 22 No. 03.
Bandan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu , 2018. Luas Lahan Sawah Provinsi Bengkulu Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statisti Bengkulu. Bengkulu.
Baruwadi, Mahludin. 2016. Ekonomi Rumah Tangga. UNG Pres Gorontal.
Br. Pinem Helda Christiani, 2019. Analisis Kebutuhan Modal Usahatani Bagi Peningkatan Kesejahteraan Petani Padi Sawah Di Desa Cintai Damai Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi Program Studi Ekonomi Pembanguan Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Medan.
Damatum Marlina, dkk 2017. Peran Tenaga Kerja Wanita Dalam Usahatani Hortikultura Di Kelurahan Wailan Tomohon Utara Kota Tomohon. Jurnal Agribisnis Sosial Ekonomi Unsrat, Vol 13 No. 1.
Eliana Novita, dan Rita Ratina, 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Wanita. Jurnal Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Vol. 4 No. 2.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM Spss. Yogyakarta : Universitas Diponegoro.
Hernanto. F. 1989. Ilmu Usahatani. Penebar swadaya, Jakarta.
Jadeli Yudi. 2010. Kajian Pembiayaan Usahatani Padi Dalam Kultur Masyarakat Tani. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Bongaya Makassar.
Kawengian, Trifly. 2019. Curahan Tenaga Kerja Pada Usahatani Padi Di Desa Lowian Kecamatan Maesaan. Jurnal Transdisiplin Pertanian (Budidaya Tanaman, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan), Sosial dan Ekonomi.
Mifta, F.D., 2000. Kontribusi Tenaga Kerja Pada Usahatani Kopi Di Desa Purworejo Dan Kecamatan Modayang. Universitas Samratulangi Fakultas Pertanian. Skripsi. Manado.
Monographi Desa Karang Anyar Kecamatan Semindang Alas Maras Kabupaten Seluma, 2020.
Mulyadi, 2012, Eknonomi Sumber Daya Manusia, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mulyo, J.H dan Jamhari. 1998. Peranan Wanita Peningkatan Pendapatan Dan Pengambilan Keputusan: Studi Kasus Pada Industry Kerajinan Gaplak Di Kabupaten Bantul Agro Ekonomi. Jurnal Sosek Vol.V/No.1 des /1998.
Nazaruddin, 2003. Budidaya dan Pengantar Panen Sayuran Dataran Rendah. Penebar Swadaya, Jakarta. 142 Hal.
Novita, R. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Wanita Tani Pada Usahatani Padi Sawah Di Desa Ngarjo Kecamatan Mojoannyar Kabupaten Mojokerto. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Skripsi. Malang.
Norfahmi, Femmi. 2017. Analisis Curahan Kerja Rumah Tangga Petani Pada Usahatani Padi Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Keluarga. Jurnal Informatika Pertanian, Vol. 26 No.1.
Nurmala, Tati. 2012. Pengantar Ilmu Pertanian ,GrahaIlmu. Yogyakarta.
Pirngadi, K. dan A.K. Makarim. 2016. Peningkatan produktivitas padi pada lahan sawah tadah hujan melalui pengelolaan tanaman terpadu. Penelitian Pertanian Tanaman Pangan.
Program Penyuluhan Pertanaian Dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kemang Mumpo Kecamatan Semindang Alas Maras Kabupaten Seluma Pada Tahun 2020.
Purwono dan Heni Purnamawati. 2017. Budidaya 8 Jenis Pangan Unggul. Depok: Penebar Swadaya.
Riduwan. 2014. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sajoyo, P. 1983. Peranan Wanita Dalam Perkembangan Masyrakat Desa. Rajawali.
Siregar Yemina, Rosnita, dan Shorea Khaswarian. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Buruh Tani Wanita Pada Usahatani Padi Sawah Di Desa Manik Rambung Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun. Jurnal Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau, Vol. 2 No. 2.
Siti Sundarai Nurma, 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Curahan Tenaga Kerja Wanita Tani Padi Sawah (Oryza Stiva) Terhadap Pendapatan Keluarga. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Soekartawi, 1995. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.
Soekartawi. 2014. Pengantar Agroindustri. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsono, Sonny. 2009. Ekonomi Sumber Daya Manusia Teori Dan Kebijakkan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suratiyah, Ken. 2016. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.
Syafrudin A. Madina. 2015. Curahan Waktu Kerja Petani Pada Usahatani Padi Sawah Di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Jurnal Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.
Utama, M.Zulman Harja. 2015. Budidaya Padi Lahan Marjinal Kiat. Meningkatkan Produksi Padi.Yogyakarta: Andi.
Utomo, Muhajir dan Nazaruddin. 2003. Bertanam Padi Sawah Tanpa Olah Tanah. Penebar swadaya. Jakarta.
Wahyuni Sri Wulandari, 2018. Analisis Curahan Tenaga Kerja Usahatani Padi Sawah Di Kelurahan Masmambang Kecamatan Talo Kabupaten Selum. Skripsi Prodi Agribisnis Fakutas Pertanian Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Zahasfana, Linda Laila, 2017. Curahan Tenaga Kerja Pada Usahatani Padi Di Desa Gumelar Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Jurnal Agribest Vol 01 No 02.

Collection

Citation

ERA MELIA NPM : 1750090004 et al., “ANALISIS CURAHAN TENAGA KERJA WANITA USAHATANI PADI SAWAH DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS
KABUPATEN SELUMA
,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed December 4, 2022, http://repo.umb.ac.id/items/show/2845.