HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI PANTI
SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW)
TAHUN 2019

Dublin Core

Title

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI PANTI
SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW)
TAHUN 2019

Description

Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan terjadinya hipertensi akibat aktivitas simpatik pada pembuluh darah sehingga seseorang akan mengalami perubahan curah jantung yang tidak signifikan pada malam hari akibat perubahan terhadap salah satunya sistem sirkulasi darah. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kualitas tidur dengan perubahan tekanan darah pada lansia hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif erupa survey analitik dengan desain penelitian cross sectional, sampel penelitian sebanyak 22 orang responden yang diambil secara total sampling.
Hasil analisis diketahui tekanan darah pada lansia hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Tahun 2019 yaitu 12 (54,5%) responden mengalami hipertensi ringan, 10 (45,5%) responden mengalami hipertensi sedang. Kualitas tidur yang dialami lansia hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Tahun 2019 yaitu 11 (50%) responden mengalami kualitas tidur yang baik dan 11 (50%) mengalami pola tidur yang buruk. Didapatkan hasil analisis dengan chi square nilai p value=0,000 dan nilai C= 0,674, yang berarti ada hubungan yang signifikan dan kuat antara kualitas tidur dengan perubahan tekanan darah pada lansia hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Tahun 2019.
Kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan perubahan tekanan darah pada lansia hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Tahun 2019. Diharapkan lansia dapat melakukan pengontrolan tekanan darah dan mencukupi kebutuhan tidur pada lansia, sehingga dapat mengurangi dan mencegah peningkatan tekanan darah pada lansia.

Creator

TIRTA DWI PAYANA
1480200040
Pembimbing
Dr. Eva Oktavidirati, M. Si

Pembimbing
Ns. Harsismanto J, S.Kep, M.Kep

Pengguji 1
Dr. Eva Oktaviadi, M.Si
Pengguji 2
Ns. Harsismanto j, S.Kep , M.Kep

Source

KEPERAWATAN

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

03 Agustus 2022

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

BAHASA INDONESIA

Citation

TIRTA DWI PAYANA 1480200040 et al., “HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI PANTI
SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW)
TAHUN 2019
,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed June 1, 2023, http://repo.umb.ac.id/items/show/2867.