ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATA PELAJARAN EKONOMI PADA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
DI SMA NEGERI 9 BENGKULU UTARA

Dublin Core

Title

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATA PELAJARAN EKONOMI PADA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
DI SMA NEGERI 9 BENGKULU UTARA

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk LKPD mata pelajaran ekonomi di SMA N 9 Bengkulu Utara dan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi pada LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga belas siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi.. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan/ verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk yang dapat digunakan dalam pelajaran ekonomi di SMA N 9 Bengkulu Utara menunjukkan bahwa LKPD non eksperimen dapat menumbuhkan kemampuan pemahaman peserta didik dalam pelajaran ekonomi dilihat dari siswa mampu memperoleh informasi, mencontohkan, mengelompokkan dan menyimpulkan materi yang terdapat dalam LKPD. Dengan adanya LKPD meningkatkan pengetahuan sehingga memberikan pemahaman kepada siswa mengenai materi pelajaran ekonomi. Dengan adanya LKPD memberikan motivasi belajar siswa terhadap materi pelajaran ekonomi.

Creator

FEBY APRILIA KARTINI
NPM 1721290009

Source

PENDIDIKAN EKONOMI

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

3 DESEMBER 2022

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

BAHASA INDONESIA

Identifier

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakartaa: PT Raja Grfindo Persada.

Hidayat. 2016. Desain LKPD Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-Laba Untuk Pembelajaran IPA Kelas VIII SMPN 1 Painan. Pillar Of Phsysics Education.8(15):113-120,8(150):113-120.

Helaludin, Hengki Wijaya. 2019 . Analisis Data Kualitatif, Sebuah Tinjauan Teori dan praktik. Makassar: sekolah Tinggi TheologiaJaffray.

Hiltimartim.2013. Kemampuan Pemahaman Kosep Siswa Pada Pembelajaran Matematika menggunakanModel Generative Learning Di Kelas VII SMP Negeri 6 Palembang.Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 7. Nomor 2.

Iqbal. 2019. Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah( Studi Kasus di Kecamatan Kuta Alam). Program Studi Perbankan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Alam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Latifah. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melalui Penerapan Metode Active Learning Tipe Index Card Match Pada Siswa Kelas VA SD Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017. Vol. 14.

Prastowo. 2012 . Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sadirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Suprijono.2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulfiati. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAAN. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an .Volume 6 Nomor 3.





Citation

FEBY APRILIA KARTINI NPM 1721290009 , “ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATA PELAJARAN EKONOMI PADA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
DI SMA NEGERI 9 BENGKULU UTARA

,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed January 30, 2023, http://repo.umb.ac.id/items/show/3189.