BUKU PENDAMPING PANDUAN DAKWAH AMAL USAHA KESEHATAN MUHAMMADIYAH

Dublin Core

Title

BUKU PENDAMPING PANDUAN DAKWAH AMAL USAHA KESEHATAN MUHAMMADIYAH

Description

PAN LANDAKWAH AMASAHA KESEHATAN MUHAMMADIYAH Buku Panduan Dakwah Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah edisi revisi ini untuk menegaskan dan mengingatkan kembali tentang keberadaan Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah sebagaimana dirumuskan dalam PEDOMAN PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH NOMOR: TENTANG AMAL 01/PED/I.O/B/2011 USAHA KESEHATAN MUHAMMADIYAH TANGGAL 10 SYA'BAN 1432H/ 12 JULI 2011M: Bab II. Pasal 2. tentang Identitas dan Bab III. Pasal 4 dan 5. tentang Prinsip dan Tujuan sebagai berikut: 1). Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah sebagai bentuk usaha kemanusiaan di bidang kesehatan merupakan upaya Dakwah Amar Ma'ruf Nahi Munkar dan Tajdid yang bersumber pada Al-Qur'an dan As-Sunnah (Bab II. Pasal 2.Identitas); 2). Amal Usaha Muhammadiyah dalam penyelenggaraan usaha bidang kesehatan berprinsip pada PEDOMAN HIDUP ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH, terutama keunggulan, amanah, kejujuran, professional, orientasi misi, kemaslahatan umum, keandalan, impartialitas, dan taat pada Persyarikatan untuk terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dalam mencapai maksud dan tujuan Persyarikatan *Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud Masyarakat Islam yang sebenar-benamya." (Bab III. Pasal 4 dan 5: Prinsip dan Tujuan).



Visi dari Buku Panduan Dakwah Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah ini adalah menjadikan PHIWM sebagai Panduan Kerja dan menjadikan PHIWM sebagai aktivitas dan praksis sosial melalui Pelayanan Kesehatan. Maka dalam buku Panduan Dakwah Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah edisi revisi ini dibuat bab "khusus tentang implementasi PHIWM. Insya Allah melalui penerapan Buku Panduan Dakwah Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah sebagai bagian dari Implementasi dakwah Persyarikatan melalui Amal Usaha Muhammadiyah bidang Kesehatan diharapkan dapat membangun mental budaya Muhammadiyah dikalangan pengelola (Pimpinan) dan pelaksana (Karyawan) amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan, mewujudkan nilai Ihsan dalam Pelayanan, dan meningkatkan komitmen dalam menunaikan amanat sebagai wujud keikhlasan dan pengkhidmatan sebagaimana disebut dalam tanfidz keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makasar 2015 tentang Visi dan Program Pengembangan Pembinaan Kesehatan Umum periode 2015-2020.

Creator

TIM REVISI BUKU PANDUAN DAKWAH AMAL USAHA KESEHATAN MUHAMMADIYAH

Source

MAJELIS PEMBINA KESEHATAN UMUM
PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

30 MEI 2023

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Format

PDF File

Language

BAHASA INDONESIA

Type

BUKU

Identifier



Daftar Pustaka
Abdul Aziz bin Fathi as Sayyid Nada, Ensiklopedia Etika Islam, Maghfirah Pustaka, Februari 2006
Ariawan Socjocnoes, dkk, Pendidikan Kesehatan Keluarga, Jakarta: Yayasan Essentia Medica, th
Bucaille, Maurice, Bibel, Qur'an dan Sains Modern, Jakarta: PT. Bulan Bintang 1984.
Dasuki, Hafidz, dkk, Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta: PT. Ihtiah Baru van Hoeve, 1997
Daud, Makmur, Terjemah Shahih Muslim, Jakarta: Widjaya, 1986 Departemen Agama RI, al-Qur'an dan Terjemahnya, Jakarta: Departemen Agama RI, 1984.
Harf Information Technology Company, Arab Republic of Egypt, Holly Qur'an 70, March 2000
Haya Binti Mubarok, al-Barik, Ensiklopedi Perempuan Muslimah, Cet. Ketiga, Tt: Darul Falah, 1419 H.
Ibrahim Musa Abdullah, al-Masuliyah al-Jasadiyah R al-Islam, Beirut: Daar ibn Hazm, 1995
Kutub at-Tis 'ah (hadits 9 kitab)
M. Nu'aim Yasin, Fikih kedokteran, Pustaka Al Kautsar, Maret 2006 Musthafa Al Adawy, Fikih Akhlak, Qisthi Press, juli 2005
PP Muhammadiyah, Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah, Yogyakarta: Persatuan, 1974
RSIJ, Tuntunan Rohani Bagian Orang Sakit, Jakarta: RSIJ, 1999 Sahih Bukhari Muslim
Thalib, Muhammad, 40 Masalah Hamil dan Menyusui dalam Islam, Bandung: IBS, 1995.

Citation

TIM REVISI BUKU PANDUAN DAKWAH AMAL USAHA KESEHATAN MUHAMMADIYAH, “BUKU PENDAMPING PANDUAN DAKWAH AMAL USAHA KESEHATAN MUHAMMADIYAH,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed June 21, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/3704.