ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PETANI BAYAM DI KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

Dublin Core

Title

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PETANI BAYAM DI KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

Description

Produktivitas tenaga kerja petani Bayam dalam menjalankan usaha tani di pengaruhi oleh berbagai factor, di antaranya (X1) pengalaman kerja, (X2) pendapatan, (X) umur, dan (X4) Jumlah produksi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas tenaga kerja petani bayam, dan untuk mempengaruh fakto-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja petani bayam di kecamatan ratu agung kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Lokais penelitian ini di pilh secara sengaja dengan pertimbangan lokasi bahwa di kecamatan ratu agung kota Bengkulu banyak yang mengusahakan usahatani bayam, sampel penelitian dipilih secara acak yang berjumah 40 orang dari 100 petani bayam. Responden pada penelitian ini adalah petani bayam yang terletak di kecamattan ratu agung kota Bengkulu data di kumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer (wawancara) dan data sekunder (literature) dan instansi yang terkait dalam penelitian). Data yang telah di kumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis produktivitas tenaga kerja dan uji regresi berganda dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menggunakan analsis produktivitas tenaga kerja yang di hitung dalam sekali produksi Hasil produktivitas yang di dapat yaitu sebesar Rp.105.616 sedangkan upah minimum petani bayam yang di buat sebesar Rp. 50.000, sedangkan dari linier berganda nilai t-hitung sebesar 4.898 t-tabel 1,6 maka nilai h1 di terima dan h0 di tolak. Dari analisis diatas jumlah produksi bayam berpengaruh terhadap curahan tenaga kerja (y) dengan nilai koefesien regresi sebesar 686.206. menunjukan setiap penambahan produksi bayam 1 % akan meningkatkan produktivitas curhan tenaga kerja sebesar 6.867.206 % .

Creator

HAZISKO SAPUTRA
NPM :1450090030
Pembimbing I:
Rita Feni, Ir. M. Si
Pembimbing II:
Fithri Mufriantie, SP. MP
Penguji 1:
Novitri Kurniati, SP. MP
Penguji 2:
Ir. Edi Marwan, MM

Source

Agribisnis

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

14 Oktober 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Ambarriani, 2001.Manajemen Biaya. PT Selemba Emban Patria :Jakarta Badan Pusat Statistik Kota Bengkulu. 2017. Kota Bengkulu Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Bengkulu Husaini dkk, 2012.Pengantar Statistik. PT Bumi Aksara : Jakarta. Linda Merlina,2012. Analisis Produktivitas Tenaga KerjaPada Usahatani Domba. Analysis Farm Worker Productivity in Sheep Farm. Merlina, 2016.Investasi Emas Hijau dari Budidaya BayamV.Ilam Media :Depok. Nazirr, 2009.Metode Penelitian.Ghalia Indonesia :Jakarta. Noor, 2011.Metode Penelitian. Prenadamedia Group : Jakarta Seribudidaya, 2016.Hidup Sehat dan Kaya Berkat Sayuran.Kanisius :Yogyakarta Setyaningrum, 2014. Panen Sayur Secara Rutindi Lahan Sempit.Penebar swadaya :Jakarta Sunarjono, 2010.Bertanam 30 Jenis Sayuran. Penebar Swadaya :Jakarta. Sunarjono, 2016.Bertanam 36 Jenis Sayuran.Penebar Swadaya :Jakarta. Surtiyah, 2015.Ilmu Usaha TaniSayuran.Jakarta Timur.Penebar Swadaya AAK.2016. Penerbit Kanisius. Jogyakarta Suratiyah, 2015, Ilmu Usaha Tani.Penebar Swadaya :Jakarta timur Tafajani.D, 2015, Panduan Komplit Bertanam Sayur dan Buah-buahn. Cahaya Atma :YogyakartaUsman dkk, 2012, Pengantar Statistika. Bumi Aksara :Jakarta.

Collection

Citation

HAZISKO SAPUTRA NPM :1450090030 et al., “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PETANI BAYAM DI KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/378.