APLIKASI CERDAS CERMAT MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS ANDROID

Dublin Core

Title

APLIKASI CERDAS CERMAT MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS ANDROID

Description

Pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa diperlukan suatu persaingan diantara siswa itu sendiri yang mana nantinya akan berpengaruh dalam kepentingan belajar. Salah satu metode yang sudah dijalankan adalah dengan mengadakan even cerdas cermat. Cerdas cermat merupakan salah satu metode belajar dengan menggunakan sistem perlombaan. Lomba cerdas cermat dilakukan dengan memberikan pertanyaan dan beberapa kelompok akan berlomba untuk menjawab pertanyan tersebut. Perkembangan teknologi saat ini bisa membantu para siswa dalam melakukan kegiatan cerdas cermat kapan saja dan dimana saja. Salah satu teknologi tersebut adalah smartphone android. Dengan membangun aplikasi yang fokus dalam memberikan paparan soal kepada user akan menjadi salah satu cara untuk melakukan simulasi cerdas cermat itu sendiri. Setiap soal akan diacak sehingga megurangi kemungkinan dalam menghapal soal dan jawaban. Metode pengacakan soal yang akan digunakan adalah LCG (Linear Congruential Generator) yaitu dengan membangkitkan bilangan acak pada perhitungan urutan soal yang akan ditampilkan. Aplikasi dapat memberikan materi pembalajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKN. Aplikasi memberikan soal dan pilihan jawaban sebagai proses cerdas cermat dan menampilkan hasilnya. Algoritma linear congruential generator dapat melakukan pengacakan soal yang akan ditampilkan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan metode belajar yang interaktif sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa.

Creator

RIA ELDA FITRI
1660100191
Pembimbing : Anisya Sonita, M.Kom
Penguji 1 : Yuza Reswan, M.Kom
Penguji 2 : Agusdi Syafrizal, MT

Publisher

UPT Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Date

12 Desember 2012

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

[1] Budiana, W. 2013. Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Siswa Kelas VIII 3 SMP Laboraturium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha.
[2] Fauzan et al. 2017. Aplikasi Cerdas Cermat Online Realtime Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika.
[3] Firdaus, Taufik. 2012. Model Pembelajaran Menyampaikan Pendapat dalam Pembelajaran Berbicara Dengan Menggunakan Teknik Cerdas Cermat pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banyuresmi.
[4] Munthe, D. 2014. Implementasi Linier Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Tryout SNMPTN. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma. Medan.

Collection

Citation

RIA ELDA FITRI 1660100191 et al., “APLIKASI CERDAS CERMAT MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS ANDROID,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1032.