ANALISIS KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BENGKULU

Dublin Core

Title



ANALISIS KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BENGKULU

Description

Permasalahan sampah sampai saat ini masih menjadi ancaman besar di Kota Bengkulu sekalipun telah ditetapkannya kebijakan pemerintah daerah tentang pengelolaan sampah, mulai dari masih banyaknya sampah yang berserakan, dan pengangkutan sampah yang kadang bermasalah. Rumusan masalah skripsi ini adalah bagaimana kebijakan pengelolaan sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu serta hambatan yang terjadi saat pelaksanaan kebijakan. Tujuan dari skripsi adalah menganalisis kebijakan pengelolaan sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu serta hambatan selama kebijakan dijalankan.
Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini menggunakan tekhnik analisis data dari miles dan huberman.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti ditemukan bahwah Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu telah menjalankan kebijakan sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan, namun dalam beberapa hal masih ditemukan kendala seperti kekurangan sarana dan prasarana yang menimbulkan maslaah saat proses pengangkutan. Sebagai pelayan dan SDM yang ditunjuk oleh pemerintah dalam implementasi kebijakan pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu telah sampai pada target grup, Tetapi jika dilihat dari perubahan sosial ekonomi yang ditimbulkan dari implementasi kebijakan dari tahun ke tahun ditemukan belum dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, dan peneliti masih menemukan hasil-hasil dari kebijakan belum sesuai dengan tujuan ditetapkanya kebijakan tentang pengelolaan sampah di Kota Bengkulu.

Creator

Lia Puspa Sari
NPM : 1670300015

Source

Pembimbing : Drs. Juim Thaap, M.AP

Publisher

Penguji I : Dr. Titi Darmi, M.Si

Date

Penguji II : Novliza Eka Partisia, M.Si

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Buku:
Anwar, Faizal, 2019, Analisis Kebijakan Publik, Vanda. Bengkulu.
Dunn, Wiliam N, 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua, Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Indiahono Dwiyanto, 2009, Kebijakan Publik, Edisi Pertama, Gava Media. Jogjakarta.
Nugroho Riant, 2014, Metode Penelitian Kebijakan, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Subarsono, 2013, Analisis Kebijakan Publik, Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kuaitatif Dan R&D, Alfabeta: Bandung.

Jurnal Ilmiah:
Andi Wahyudi, 2016, Analisis Kebijakan Pengelolaan Sampah Di Kota Samarinda, Jurnal Borneo Administrator, Vol, 12, No. 1, Samarinda.

Bara Albana, 2016, Kontribusi Wanita Dalam Mendukung Perekonomian Keluarga (Studi Pada Pemulung Di Tpa Air Sebakul). Kota Bengkulu

Fiter Akbar, 2019, Implementasi Peraturan Daerah No 02 Tahun 2011 Kota Bengkulu Tentang Pengelolaan Sampah Di Kota Bengkulu. kota Bengkulu.

Hardiansyah, 2014. Model Implementasi Kebijakan Publik Dalam Pengelolaan Sampah Dan Kebersihan Kota Palembang, Vol 30, No. 1, Palembang.

Lukman, Dwi Jayanti. 2015. Implementasi Kebijakan Perpakiran Di Kota Makassar. Makassar

Murdiningsih, Implementasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan Di Dinas Kebersihan Kota Manado, Jurnal Administrasi Publik, Manado.

Rizal Mohamad, 2011, Analisis Pengelolaan Persampahan Perkotaan, SMARTek, Vol. 9 No. 2.

Mayangkara Agung Prasetya ST, 2016, Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Di Tpa Gunung Panggung Kabupaten Tuban, JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, Vol. 2 No. 2, hal. 427 – 444.

Rendy Mohammad, 2019, Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Di Dinas Kebersihan Dan Pertanaman Kota Palu, e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 11, hlm 73-79.

Reflay Ade Sagita dkk, 2013, Analisis Peran Aktor Implementasi Dalam Kebijakan Pengelolaan Sampah Di Kota Semarang, ejurnal.undip. vol 2, Nomor 4.

Peraturan Perundang-Undangan:

Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 02 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah Di Kota Bengkulu, Walikota Bengkulu, Bengkulu.

Undang –Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Badan Standardisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia 19-2454-2002. Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan.

Sumber-Sumber Lain:

Antara Bengkulu, berita online : Warga Sungai Serut Mengeluhkan limbah sampah yang dibuang di sungai. Kota Bengkulu. di akses pada tanggal 06 Juni 2020. Jam 15:27 Wib.

Harian rakyat Bengkulu. Com /2019/07/05/ Lima-Tahun-Siring-Dipenuhi-Sampah/ di akses tanggal 19 oktober 2019.

Harian rakyat bengkulu. Com /2019/07/06/ 90-Kubik-Sampah-Setiap-Hari/di akses tanggal 19 0ktober 2019.

Format

Pdf

Language

Bahasa Indonesia

Type

Jurnal

Citation

Lia Puspa Sari NPM : 1670300015 , “

ANALISIS KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BENGKULU
,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed December 4, 2022, http://repo.umb.ac.id/items/show/1325.