HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN SARANA PRASARANA DENGAN PERILAKU PERAWAT DALAM MEMBUANG LIMBAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HASANUDDIN DAMRAH KOTA MANNA

Dublin Core

Title

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN SARANA PRASARANA DENGAN PERILAKU PERAWAT DALAM MEMBUANG LIMBAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HASANUDDIN DAMRAH KOTA MANNA

Description

Limbah medis Rumah Sakit yang tidak dikelolah dengan baik akan memberikan dampak negatif baik bagi petugas pengelolaan limbah di rumah sakit maupun bagi lingkungan di sekitar rumah sakit itu sendiri. Di rumah sakit Hasanuddin Damrah masih ditemukan perawat yang membuang limbah medis bercampur dengan limbah non medis, hal tersebut berhubungan dengan pengetahuan, sikap, dan ketersediaan sarana prasarana pengelolaan limbah di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan ketersediaan sarana dan prasarana dengan perilaku perawat dalam membuang limbah medis di rumah sakit Hasanuddin Damrah Kota Manna.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah pada bulan Juli-Agustus 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah tahun 2020. Jumlah sampel penelitian sebanyak 81 orang yang diambil dengan menggunakan teknik total simple random sampling. Analisis data dengan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (P value = 0.000), sikap (P value = 0.000), dan ketersediaan sarana dan prasarana (P value = 0.012) dengan perilaku perawat dalam membuang limbah medis di rumah sakit Hasanuddin Damrah Kota Manna.
Disarankan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah Kota Manna untuk dapat meningkatkan pengetahuan perawat melalui penyuluhan dan sosialisasi mengenai cara pengelolaan limbah medis, memberikan sanksi tegas kepada perawat yang tidak mengikuti standar operasional prosedur pengelolaan limbah medis di rumah sakit, dan melengkapi sarana dan prasarana pengelolaan limbah medis di semua unit perawatan.

Creator

NANDA APRIANI
NPM. 1580100077
pembimbing:Ir.Agus Ramon.,S.Kes
penguji I:Novia Wati.,SKM.,MKM

Source

KESEHATAN MASYARAKAT

Publisher

upt perpustakaan

Date

10/03/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Adisasmito, Wiku. 2007. Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asmadi, 2013. Pengelolaan Limbah Medis Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodelogi Penelitian Keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.
Harahap, Sri Puspan Dari. 2018. Gambaran Perilaku Perawat Dalam Membuang Limbah Medis dan Non Medis di Rumah Sakit Bhayangkara TK II Medan. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.
Hardi, Hijrah., Rosida, P.A., & Syamsul, Bachri. 2017. Pengaruh Sosial Ekonomi, Sarana Dan Prasarana Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. E Jurnal Katalogis, Volume 5 Nomor 9, September 2017 hlm 145-150.
Hasibuan, Raysyah Rahmadhani. 2018. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Petugas Cleaning Service dengan Penanganan Limbah Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi Medan. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.
Hastono, Sutanto Priyo. 2007. Analisis Data Kesehatan. Depok: Universitas Indonesia.
Karimullah, Mohammad Irkhas. 2013. Hubungan Antara Pendidikan, Pengetahuan Dan Sikap dengan Penggunaan Alat Pelindung Telinga Pada Operator Mesin Air Jet Loom PT Primatexco Indonesia Batang. Semarang: UNNES.
Khotima, dkk. 2018. Hubungan Jenis Kelamin, Pengetahuan Dan Ketersediaan Fasilitas Dengan Praktik Petugas Pengelolaan Sampah Medis. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang.
Kumar R., Somrongthong R., Ahmed J., & Almarabheh AJ. 2018. Correlates of Knowledge, Attitude and Practices about Health Care Waste Management among Hospital Workers of Pakistan. Journal Liaquat Uni Med Health Sci; Vol 17: No. 01.
Lumbantobing, Utari U. 2017. Gambaran Perilaku Petugas Rumah Sakit Terhadap Sistem Pengelolaan Sampah Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.
Mubarak, Wahit Iqbal dkk. 2007. Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Yogyakart: Graha Ilmu.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metode Penelitian Ilmu Perawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Permenkes RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 07 Tahun 2019 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.
Profil RSUD Hasanuddin Damrah Kota Manna. 2020. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Bengkulu : RSUD Hasanuddin Damrah Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.
Pruss, A. et al. 2005. Pengelolaan Aman Limbah Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Puspaningrum, A.D. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Perawat Dalam Membuang Sampah Medis Benda Tajam Di RSUD Ungaran. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang.
Randa, Irzan Yusfa. 2016. Hubungan Perilaku Petugas dengan Penanganan Limbah Medis di RSUD Haji Kota Makassar. Jurnal. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Ranupendoyo dan Suad, 2005. Manajemen personalia. edisi 4, Yogyakarta: Pustaka Binawan Presindo FE – UGM.
Riyanto, Agus. 2010. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Safari, Gholam Hossein. 2015. Investigation of Hospital Solid Waste Management In Iran. Iran : International Journal, Vol. 12, No. 2.
Santoso, Imam. 2015. Inspeksi Sanitasi Tempat-Tempat Umum. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Sarsour, Amal. dkk. 2015. Assesment of Medical Waste Management Within Selected Hospital In Gaza Strip Palestine : A Pilot Study. Palestine : International Journal.

Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Type

jurnal

Citation

NANDA APRIANI NPM. 1580100077 , pembimbing:Ir.Agus Ramon.,S.Kes, and penguji I:Novia Wati.,SKM.,MKM, “HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN SARANA PRASARANA DENGAN PERILAKU PERAWAT DALAM MEMBUANG LIMBAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HASANUDDIN DAMRAH KOTA MANNA

,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1625.