ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN PAGAR DEWA KOTA BENGKULU TAHUN

Dublin Core

Title

ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN PAGAR DEWA KOTA BENGKULU TAHUN

Description

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu diperoleh rata-rata timbulan sampah rumah tangga yang dihasilkan di Kelurahan Pagar Dewa yaitu 0,356 kg/orang/harinya atau 2,311 l/orang/harinya dan ditemukan penumpukan sampah terdapat di RT 29 dan RT 43. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2012.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap enam informan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Pagar Dewa yang belum memenuhi syarat Peraturan Pemerintah Nomor 81 tahun 2012 yaitu mulai dari belum semua warga melakukan pembatasan timbulan sampah, tidak ada pendauran ulang, tidak semua warga memanfaatkan dan memilahan sampah. Sedangkan yang sudah memenuhi syarat yaitu terdapat Tempat Penampungan Sementara, pengangkutan dengan mobil pengangkut sampah (adanya transfortasi pengangkut sampah), pengolahan (daur ulang sampah organik dan anorganik di Tempat Pemrosesan Akhir(TPA) dan pemrosesan akhir sampah (ada TPA).
Perlu adanya sosialisasi tentang pengelolaan sampah rumah tangga sehingga menambah pengetahuan masyarakat dan diharapkan masyarakat lebih peduli lingkungan.

Creator

WITRIANA VRONITA NPM: 1680100022
Nama Penguji
1. Nopia Wati, SKM., MKM (… )
Ketua

2. Hasan Husin, S.Pt., M.Kes (… )
Anggota

Source

KESEHATAN MASYARAKAT

Publisher

upt

Date

18/03/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMADDIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMADDIYAH BENGKULU

Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Coverage

bahasa indonesia

Citation

WITRIANA VRONITA NPM: 1680100022 and Nama Penguji 1. Nopia Wati, SKM., MKM (… ) Ketua 2. Hasan Husin, S.Pt., M.Kes (… ) Anggota , “ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN PAGAR DEWA KOTA BENGKULU TAHUN,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1765.