PENGARUH GIBERLIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.).

Dublin Core

Title

PENGARUH GIBERLIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.).

Description

Pengaruh giberlin terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum L.), Tomat merupakan salah satu jenis sayuran buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia serta mempunyai prospek yang baik pengembangan agribisnis, karena nilai ekonomisnya tinggi. Badan pusat statistik Provinsi Bengkulu tahun 2015 menyebutkan bahwa produksi rata-rata tanaman tomat tahun 2013 di wilayah Bengkulu yaitu sekitar 26.583 ton per tahun, tahun 2014 sekitar 23.494 ton per tahun, sedangkan tahun 2015 sikitar 21.779 ton per tahun. giberlin yang di aplikasi tanaman tomat 100 ppm dengan interval 21 hari sekali hasil yang baik dibandingkan kontrol. Menujukan bahwa konsentrasi giberlin efektif sekali dalam mempengaruhi jumlah buah tanaman yang paling baik yaitu 42,67. Perlakuan tersebut di bandingkan dengan perlakuan kontrol 12,67, sehinga terjadi peningkatan sebesar 237%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh giberelin terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Solanum Lycopersicum L.). Penelitian mengunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). yang disusun dengan mengunakan non faktor, perlakuan yang diulangi sebanyak 3 kali sehingga terdapat 48 polybag setiap unit percobaan terdiri 3 tanaman dan 1 tanaman dijadikan sampel. non Faktorial adalah pemberian giberelin yang terdiri 4 taraf. Parameter yang diamati tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, umur bunga, jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman, diameter buah. Perlakuan dengan menggunakan konsentrasi GA 100 ppm berpengaruh yang nyata pada jumlah cabang, jumlah buah, berat buah dan diameter buah. Untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah cabang, jumlah buah dapat diaplikasiakan konsentrasi 100 ppm.

Creator

NOTRA
NPM : 1450100015


Source

AGROTEKNOLOGI

Publisher

upt

Date

06/04/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu, 2015. Produksi Sayur – sayuran di Provinsi Bengkulu, Propinsi Bengkulu Dalam Angka 2015.
Dinda, Sri, Evie, 2016. Pengaruh pemberian Hormon Giberelin Terhadap Pertumbuhan Buah Secara Partenokarpi Pada Tanaman Tomat F1. Jurnal Lentara Bio, Volume 5 No. 1, Hal 25 – 31. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya.
Fitriani E. 2012. Untung Berlipat Budidaya Tomat di Berbagai Media Tanaman. Yogyakarta. Pustaka Baru Pers. 221 halaman.
Hardiyanti, Setiyono, 2014. Efektivikas Pemberian Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tomat. Jurnal Ilmu – Ilmu Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jamber.
Hardiyanti, Sundahri, dan Singit soeparjono, 2014. Pengaruh konsentrasi dan Frekuensi pemberian Hormon Giberelin terhadap Pertumbuhan dan Hasil buah Tomat. agroteknolologi, Fakultas Pertanian, Unipersitas jember
Rosalina R.2008. Pengaruh Konsentrasi dan Frekuensi Penyiraman Limbah Tempe Sebagai Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Lypersicum esculentum MILL). Dalam sekripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri Malang.
Setiawan, Agus Budi., H. M. Rudi., Purwantoro, Aziz. 2015. Jurnal Pengaruh Giberelin Terhadap Karakter Morfologi dan Hasil Buah Partenokarpi pada Tujuh Genotipe Tomat (Solanum lycopersicum L.). Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Wattimena G.A. 1988. Zat Pengatur Tumbuh Tumbuhan. Bogor : Pusat Antar Universitas IPB.
Zainal Abidin. 1982. Dasar-Dasar Pengetahuan tentang Zat Pengatur Tumbuh. Bandung : Angkasa
Zainal, Emmy, dan yusup, 2014 respon Pertumbuhan dan Berapa Varietas Tomat (Lycoperersicum esculentum L) Dataran Rendah Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Ayam Jurnal Online Agroteknologi. Volume. 2, No. 4. Hal 1401 -1407. Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Medan.


Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Collection

Citation

NOTRA NPM : 1450100015 , “PENGARUH GIBERLIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.).

,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed April 14, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1914.