IMPLEMENTASI BOOTSTRAP DAN jQUERY PADA PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE USAHA MIKRO KECIL BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : TOKO KUE RINA )

Dublin Core

Title

IMPLEMENTASI BOOTSTRAP DAN jQUERY PADA PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE USAHA MIKRO KECIL BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : TOKO KUE RINA )

Description

Perkembangan teknologi berbasis web saat ini telah berkembang sangat pesat dan sudah menjadii bagian yang tidak terpisahkan lagi . memasuki era digitalisasi telah hadir berbagai macam tools-tools yang semakin menarik, mudah dan mampu digunakan sesuai kebutuhan. Dalam dunia programmer atau web developer sudah sangat tidak asing lagi dengan yang namanya framework Bootsrap dan javascript jQuery yang mana keduanya memiliki banyak peran didalam teknologi berbasis website. Bootstrap merupakan framework HTML, CSS, Javascript populer untuk membangun situs web yang responsive. RWD (Responsive Web Design) adalah desain situs yang otomatis akan menyesuaikan diri agar tampil baik di semua perangkat dari ponsel sampai dekstop. Bootstrap terdiri dari satu set file css, javascript, dan jquery. Dimana jQuery adalah sebuah library javascript yang merupakan salah satu jenis framework javascript yang bekerja di sisi client slide. jQuery library dibangun dengan menggunakan javascript untuk mengautomasi dan menyederhanakan suatu perintah – perintah umum pada javascript. Dalam perancangan suatu system web penjualan seringkali masih menggunakan cara yang manual atau belum memanfaatkan suatu teknologi yang tersedia. Dimana sistem penjualan produk Toko Kue Rina saat ini masih konvesional (direct selling) dimana pelanggan hanya dapat mengunjungi toko secara langsung. Sehingga produk yang ditawarkan pun tidak menjangkau pangsa pasar yang luas ke calon pelanggan apabila produk tidak cukup menjangkau pelanggan, maka penjualan pun tidak meningkat karena media pemasaran yang digunakan hanya berasal dari pengunjung toko saja. Web e-commerce di nilai mampu menyelesaikan permasalahan pada Toko Kue Rina. Dengan responsive web design maka aplikasi web yang dibangun akan langsung menyesuaikan dengan lebar dari media perambahnya, sehingga tampilan web akan tetap rapih dibuka dengan media apapun baik itu handphone, tablet dan laptop. Jadi tampilan tidak akan terganggu dengan resolusi dari layar.

Creator

Shinta Purnama Sari
NPM 1760100172
Pembimbing :
Harry Witriyono, SP., M.Kom
Penguji I :
Yuza Reswan, S.Kom, M.Kom
Penguji II :
Anisya Sonita , S.Kom, M.Kom

Source

Teknik Informatika

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

22 OKTOBER 2021

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Martin, J., & Tanaamah, A. R. (2018).Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Desktop Website Menggunakan Framework Bootstrap Dengan Metode Rapid Application Development, Studi Kasus Toko Peralatan Bayi „Eeng Baby Shop‟. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(1), 57-68. Novianto, D. (2016). Implementasi Sistem Informasi Pegawai (Simpeg) Berbasis Web Menggunakanframework Codeigniter Dan Bootstrap. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 7(1). Yaqin, M. A., & Tijaniyah, T. (2017).Sinergitas E-Crowdfunding Dengan E-Commerce Dalam Membantu Pendanaan Sosial Berbasis Web Bootstrap.In Seminar Nasional Teknologi dan Informatika 2017.Muria Kudus University. Rozi, Z. AS.(2015). Bootstrap Design Framework.Elex Media Komputindo. Sulistiono, H., Kom, S., & Kom, M. (2018). Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable.Elex Media Komputindo. Warman, I., & Zahni, A. (2013). Rekayasa web untuk pemesanan handphone berbasis Jquery pada Permata Cell. Jurnal Momentum, 15(2). Maulana, S. M., Susilo, H., & Susilo, H. (2015). Implementasi e-commerce sebagai media penjualan online (studi kasus pada toko pastbrik kota malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1-9.
Pamungkas, Z. (2017). PEMANFAATAN FRAMEWORK CODEIGNITER DAN JQUERY UNTUK MEMBANGUN APLIKASI PENJUALAN (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM Yogyakarta). Nahlah, N., Amiruddin, A., & Rasyid, A. (2018, August).Perancangan Website E-Commerce Berbasis Php dan MySQL pada Usaha Ikan Abon Tuna Radia di Kabupaten Barru. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M).. Haviluddin, H. (2016). Aplikasi Program PHP dan MySQL. Siregar, M. H., & Al Hafiz, N. W. (2021).Implementasi Aplikasi PEMIRA UNIKS Era Covid-19 Berbasis CodeIgniter dan SMS Gateway. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 5(2), 105-109. Gutami, A. (2019). IMPLEMENTASI CRUDIGNITER PADA APLIKASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS: MTS. SAADATUL MAHABBAH) (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA). Muslihudin, M., & Larasati, A. (2017).Perancangan sistem aplikasi penerimaan mahasiswa baru di stmik pringsewu menggunakan php dan mysql. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 32-39 Hendini, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).Jacobson, I., Booch, G., & Rumbaugh, J. (1996).The Unified Modeling Language. University Video Communications. Haviluddin, H. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language).

Collection

Citation

Shinta Purnama Sari NPM 1760100172 et al., “IMPLEMENTASI BOOTSTRAP DAN jQUERY PADA PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE USAHA MIKRO KECIL BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : TOKO KUE RINA ),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed April 15, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/2488.