KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LEBONG SAKTI KABUPATEN LEBONG

Dublin Core

Title

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LEBONG SAKTI KABUPATEN LEBONG

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan di Kantor Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong . Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dilakukan melalu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong telah menerapkan dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphy beserta indikatornya yaitu: Penampilan Pegawai di melakukan proses pelayanan, kenyamanan tempat melakukan pelayan an, kemudahan dalam proses. pelayanan, disiplin pegawai dalam melayani, penggunaan alat, ketepatan pegawai dalam melayani, memiliki standar pelayanan atau tidak, kemampuan menggunakan alat, keahlian dalam menggunakan alat, respon terhadap pengguna jasa, pelayanan dengan cepat dan tepat atau tidak.
Namun terdapat beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong yaitu ketidaknyamanan tempat pelayanan diantaranya sarana dan prasarana yang belum lengkap, pegawai yang tidak terampil dalam menggunakan alat bantu pelayanan, sehingga dapat melambat. proses kerja, pekerjaan menjadi tidak efisien dan efektif serta karyawan kurang baik dalam proses pelayanan. Dua faktor yang menjadi penghambat terlaksananya pelayanan publik di Kantor Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong adalah: 1) kurangnya sumber daya pegawai, dan 2) kurangnya sarana prasarana. Sedangkan faktor pendukung lainnya adalah adanya fasilitas berupa alat-alat untuk memperlancar proses kerja dalam pelayanan.

Creator

Henti Anggraini
NPM: 1770300040
Pembimbing 1
Rosidin, Sos.I, M.Si
Pengguji 1
Dr. Titi Darmi, M.Si
Pengguji 2
Dr. Sri Indiarti, M.SI

Source

Adiminitrasi Public

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

14 JUNI 2022

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Agustina, A. D., & Ismiyati, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Ditinjau dari Aspek Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, Dan Empathy. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1234-1248.

Cindy Yolanda, E. (2018). Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng Karya Siswa Kelas Viib Smpn 01 Sukosari Tahun PELAJARAN 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik.
Fauzi, 2009, Kepatuhan Kedisiplinan Pegawai. LP3S, Jakarta

Hardansyah, 2018. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya.Yogyakarta. Gava Media.

Hermawan, S. R. Y. (2018). Pengaruh Budaya Kerjaterhadap Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik Riani & Hermawan, 9(1).

Irvanto, J. C., Idris, H. A., Dama, M., & Sos, S. (2017). Peran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Kota Samarinda. eJournal Pemerintahan, 5.

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).

Mardian, M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Presepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ojek ONLINE (Studi Kasus Terhadap Grabbike di Kota Surabaya) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945).

Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik.

Moningka, S. B. (2014). Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah Kota Tomohon. Jurnal Politico, 3(1).

Neng Kamarmi, S. M. (2011). Analisis Pelayanan Publik Terhadap Masyarakat (Kasus Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Agam). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 2, 84-110.
Rachmawati, S., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di klinik pratama medika utama semarang yang dimediasi oleh kecerdasan emosional. Journal of Management, 4(4).

Rizan, M. (2020). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pengguna Jasalayanan Kesehatan BPJS di Rs Hasan Sadikin Bandung. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 320-337.

Sastrohardwiryo, 2002, Manajamen Kedisiplinan Pegaa\wai. Bumi Aksara, Jakarta

Satriadi, D. (2017). Perbandingan Kualitas Pelayanan Antara Perpustakaan Provinsi Kepri Dengan Kota Tanjung Pinang. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 2(3), 288-298..

Thoyib, M., Satriawan, I., Husin, F., Pebrianti, T., & Satria, P. (2019). Determinasi Kualitas Layanan, Prosedur Layanan, Lingkungan Kerja dan Implementasi Kebijakan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Samsat Kota Palembang Sumatera Selatan. Journal Management, Business, and Accounting, 18(1), 85-93.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

UU NOMOR 25/2009, Bab 1, Pasal 1, Ayat (1) Pengertian Pelayanan Publik









Citation

Henti Anggraini NPM: 1770300040 et al., “KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LEBONG SAKTI KABUPATEN LEBONG,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed July 12, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/2808.