AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS DI DESA TABA PADANG REJANG KECAMATAN HUKU PALIK KABPATEN BENGKULU UTARA)

Dublin Core

Title

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS DI DESA TABA PADANG REJANG KECAMATAN HUKU PALIK KABPATEN BENGKULU UTARA)

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Akuntabilitas pengelolaan Dana Desa dalam persfektif Islam mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, Penatausahaandan pertanggungjawaban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus di desa Taba Padang Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa dalamPrespektif Islamdi Desa Taba Padang Rejang Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara sudah sesuai Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 tahun 2014 dan sudah sesuai dengan syariah yang ada. Karena dalam menyusun rencana RPJMDesa Taba Padang Rejang, memperhatikan dengan sungguh-sungguh aspirasi yang berkembang di masyarakat. masyarakat desa Taba Padang Rejang terlibat langsung dalam setiap proses musyawarah perencanaan desa dan aktif dalam memberikan usulan tentang program-program yang akan dilaksanakan demi kesejahteraan masyarakat desa. Maka berdasarkan Permendagri No. 113 Tahun 2014 perencanaan desa Taba Padang Rejang dalam pengelolaan Dana Desa sudah dapat dikatakan transparan dan menjunjung tinggi partisipasi masyarakat. Namun, secara teknis masih terdapat kendala. Kendala tersebut merupakan kendala dari kabupaten yang terlambat dalam membuat Peraturan Bupati mengenai peraturan tentang Dana Desadan pengelolaannya. Hal ini berdampak pada keterlambatan pelaporan terkait pengelolaan Dana Desadi desa Taba Padang Rejang.

Creator

EZIZIA SELVIA
NPM: 1534040004
Pembimbing I:
Dr. Onsardi, M. M
Pembimbing II:
Marini, S. E., M. E. K
Penguji 1:
Drs. Khairul Bahrun, M. M
Penguji 2:
Dharma Setiawan, S. E., M. E. Sy.

Source

Ekonomi Islam

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

12 Oktober 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Alfian, Ahmat, Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa dalam mencapai Good Govermance.2016.Annisaningrum, (2010). Akuntabilitas dan Transparansi Dalam Laporan Keuangan(Online)(diakses di anisaningrum.blogspot.com/2010/07/ akuntabilitas-dan-transparansi-dalam.html?m=1 pada tanggal 14 maret 2019) Azwardi, Sukanto, “Efektifitas Alokasi Dana Desa (Add) Dan Kemiskinan Di Provinsi Sumatera Selatan‟‟.Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 12, No.1 (Juni 2014).Arifin Tahir, (2014). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Bandung: Alpabeta Arifiyanto Dwi Febri, dan Kurrohman Taufik, (2014). „‟Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Kabupaten Jember‟‟.Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. Volume. 2 Nomor.3Arista Widiyanti, (2017). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Desa. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik IbrahimAstuti, Titiek Puji dan Yulianto,(2016),„‟Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Menyongsong Berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014. Universitas Setia Budi Surakart‟‟.Jurnal Riset Akuntansi, Volume 1 No. 1: 114. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, (2015). Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Pengelolaan Keuangan Desa.Jakarta: Deputi BPPKDBadan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, (2016). Pengelolaan Keuangan Desa.Bogor: Pusdiklatwas BPKPBPKP. (2015). Membangun Good GovernanceMenuju Clean Government. Warta Pengawasan Vol. XXII/ Edisi HUT Ke-70 RI/2015, ISSN: 0854-0519. 21 juli 2019. www.bpkp.go.id.Chabib Sholeh, Heru Rochansjah,(2015).Pengelolaan Keuangan Des., Bandung:FOKUSMEDIA.Departemen Agama RI, (2015). Al-Qur‟an dan terjemahan. Bandung. : CV Diponegoro
Kiki Debi Sintia, dan Joko Had Susilo (2016). „‟Pelaksanaan Pengelolaan Alokasi Dana Desa untuk mewujudkan Akuntabilitas dan Good Governance‟‟. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.Volume 7, No. 2, juli 2016. Krina P, Loina Lalolo. (2003). Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi. Bappenas: Jakarta.Matthew Miles, Michael Huberman, (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia(UI-Press)Mardiasmo, (2018). Akuntabilitas Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI)Miles dan Huberman, (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI PressMiriam, (2012). Penerapan Otonomi Dalam Menguatkan Akuntabilitas Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Aglik Kecematan Grabag Kabupaten Purwerejo. Yogyakarta: UNYNurman, (2017). Strategi Pembangunan Daerah. Depok: Rajawali PersNurlinda, (2018), „‟Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa‟‟. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol.6.No.1.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 113Tahun 2014Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta.Sri Lestari, (2017). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (ADD). Tesis (dipublikasi). Surakarta: Institut Agama Islam Negeri SurakartaSubroto, Agus, (2009). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa-Desa dalam Wilayah Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung Tahun 2008)Program studi Magister Sains Akuntansi. Tesis (Dipublikasikan).Universitas Diponegoro. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETASujarweni, (2015). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Widjaja, (2013). Penyelenggaraan Otonomi di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Collection

Citation

EZIZIA SELVIA NPM: 1534040004 et al., “AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS DI DESA TABA PADANG REJANG KECAMATAN HUKU PALIK KABPATEN BENGKULU UTARA),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed December 4, 2022, http://repo.umb.ac.id/items/show/336.