IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPLB AMAL MULIA KOTA BENGKULU

Dublin Core

Title

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPLB AMAL MULIA KOTA BENGKULU

Description

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan penerapan kegiatan proses belajar mengajar yang melibatkan tenaga pendidiksiswa dan sarana-prasarana yang mendukung dalam kegiatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus di SMPLB Amal Mulia Kota Bengkulu yang diawali dengan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Amal Mulia Kota Bengkulu yang berada dibawah pimpinan kepala Sekolah Luar Biasa Amal Mulia Kota Bengkulu merupakan satu unit lembaga pendidikan yang memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, Tunanetra, Tunagrahita, Tunarungu dan Tunadaksa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Amal Mulia Kota Bengkulu?Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan : 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Informan ditentukan melalui purposive sampling. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas dimana guru membuat perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti menyusun Silabus, RPP Program Tahunan, dan Program Smester. Pelaksanaan pembelajaran, metode yang digunakan adalah metode yang sudah direkomendasikan oleh para ahli, yakni metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan dan praktek dan dikombinasikan dengan Metode Oral, Metode Manual, dan Metode Maternal Reflektif bagi siswa tunarungu. Metode pengantara (mediator) bagi siswa tunanetra. Media yang digunakan berupa Buku paket Mata Pelajaran Agama Islam dan Budi pekerti, Spidol, papan tulis White Board, Media Visual dan media Alat peraga untuk semua siswa. Media Ergletdan pen (stylus) alat bantu baca tulis huruf braille bagi siswa tunanetra. teknik evaluasi yang digunakan oleh guru di SMPLB Amal Mulia Kota Bengkulu masih sama dengan sekolah pada umunya, akan tetapi perbedaanya terletak pada proses pelaksanaan penilai yang dilakukan dengan cara menyesuaikan kondisi dan tingkat kemampuan peserta didik dengan menggunakan pola pembelajaran langsung. Faktor pendukung terjalinnya kerjasama antara kepala sekolah, guru, dan siswa. Minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar. Faktor penghambat kondisi dari masing-masing siswa, sarana-prasarana dan media pembelajaran yang belum memadai.

Creator

UBRUL HAPIP
NPM: 1519250017
Pembimbing:
Nurhadi, S. Ag., M. A
Penguji 1:
Surohim, S. Ag., M. Si
Penguji 2:
Dedi Novriadi, M. Pd

Source

Pendidikan Agama Islam

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

10 November 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Arikunto, Suharsimi. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta :RinekaCipta. 2006.B. Uno, Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: PT. BumiAksara, 2007.Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,2005.Depertem Agama RI, al-Quran dan Terjemahnya, Jawa Barat: Cv Penerbit Diponegoro,2006.Darmoko, Eko, Tsaurus Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Media, 2011.Jalaluddin, H.Teologi Pendidikan, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2003.Majid, Abdul, Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Kosdakarya, Cet. II, 2014Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2013.Nata, Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011.Thompson, Jenny, Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. (Panduan Guru dan Sekolah), Jakarta: Erlangga, 2012.Rohman, Arif, Memahami Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Laksbang Mediautama, 2009.Gunawan, Heri, Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta, 2012Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 1989-2013-2014.Rosdiani, Dini, Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bandung: Alfabeta, 2013.Riadi, Dayun dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2017.Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, (Mengembangkan Profesionalisme Abad 21), Bandung: Alfabeta, 2013.Santoso, Hargio, Cara Memahami Dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus,Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012.
Samuker, Ganda, Anak Berkebutuhan Khusus (Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam PendidikanInklusif),Padang: UNP Press, 2009.Sumiati,dan Arsa, Metode Pembelajaran, Bandung: CV. Wacana Prima, 2009.Sugihartono,dkk. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007.Sugiono, Metode Peneliian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D, Bandung: Alfabeta CV, 2017.Setiawan,Guntur, Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan,(Jakarta: Balai Pustaka, ,2004Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam Jilid I, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.Sunhaji, Strategi Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode dan Aplikasidalam Proses Belajar Mengajar,Purwokerto: STAIN Press, 2009.Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2006.Ratih pratiwi dan afin murtiningsih, Kiat Khusus Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Ar-ruzz Media, 2013.Usman, Nurdin, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum,Jakarta : Grasindo, 2002.Usman, Basyirudin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2005.Yusuf, A. Muri, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan,Jakarta: Kencana, 2014.Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010. Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan khusus. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5025/pp-no-17-tahun-2010(download 30 Juli 2019)Wardani, dkk., Pengantar Pendidikan Luarbiasa, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Citation

UBRUL HAPIP NPM: 1519250017 et al., “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPLB AMAL MULIA KOTA BENGKULU,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed April 14, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/706.