MENGUKUR MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DAN VARIABEL EFIKASI DIRI SERTA LITERASI EKONOMI (STUDI PADA MAHASISWA PTN & PTS DI KOTA BENGKULU)

Dublin Core

Title

MENGUKUR MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DAN VARIABEL EFIKASI DIRI SERTA LITERASI EKONOMI (STUDI PADA MAHASISWA PTN & PTS DI KOTA BENGKULU)

Subject

Minat Berwirausaha, Theory Of Planned Behavior dan Variabel Efikasi Diri, Literasi Ekonomi

Description

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari theory of planned behavior (sikap, norma subyektif, kontrol perilaku), efikasi diri, literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Teori perilaku terencana (theory of planned behavior) menekankan pada niat perilaku sebagai akibat hasil kombinasi beberapa kepercayaan. Niat merupakan konsepsi dari tindakan terencana dalam mencapai tujuan berperilaku yang ditentukan oleh sejauh mana individu memiliki sikap positif pada perilaku tertentu, dan sejauh mana jika dia memilih untuk melakukan perilaku tertentu itu dia mendapat dukungan dari orang-orang lain yang berpengaruh dalam kehidupannya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi PTN & PTS di Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 218 responden. Metode pengambilan sampel dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan signifikan 0,032 < 0,05, norma subyektif berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05, dan literasi ekonomi memiliki pengaruh positif terhadap minat berwirausaha dengan tingkat signifikan 0,004 < 0,05 sedangkan kontrol perilaku memiliki pengaruh negative terhadap minat dengan tingkat signifikan 0,259 > 0,05 dan efikasi diri mempunyai pengaruh negativ terhadap minat berwirausaha dengan tingkat signifikan 0,153 > 0,05.

Creator

LPPM Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Publisher

LPPM Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Contributor

Yusmaniarti, Sri Ekowati, Uswatun Isnaini Abror, Supawanhar

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu,
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
Coresponding Author : yusmaniarti@umb.ac.id

Language

English, Indonesian

Citation

LPPM Universitas Muhammadiyah Bengkulu, “MENGUKUR MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DAN VARIABEL EFIKASI DIRI SERTA LITERASI EKONOMI (STUDI PADA MAHASISWA PTN & PTS DI KOTA BENGKULU),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed June 17, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/75.