ALAT PENGHITUNG BIAYA PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN ANDROID BERBASIS INTERNET OF THINGS

Dublin Core

Title

ALAT PENGHITUNG BIAYA PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN ANDROID BERBASIS INTERNET OF THINGS

Description

Listrik merupakan salah satu kebutuhan umum manusia yang sangat penting. Di era sekarang, hampir di setiap rumah pasti sudah memiliki listrik. Dan untuk mengetahui berapa jumlah biaya yang digunakan hanya bisa diketahui saat hendak membayar tagihan listrik kepada PLN. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat alat yang mampu memonitor besaran beban daya listrik yang sedang berjalan serta menampilkan biaya pemakaian listrik yang bisa dipantau sehari-hari. Perancangan alat penghitung biaya pemakaian energi listrik rumah tangga menggunakan android berbasis IoT ini menggunakan diagram alur penelitian, dimana pembuatan alat dilakukan bertahap mulai dari tahap perancangan alat hingga ujicoba alat, serta mencatat hasil pengujian dan analisis. Dalam pembuatan alat ini dibutuhkan software Arduino IDE untuk mengontrol Arduino, menampilkan data sensor, dan visual dari jarak jauh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat deketahui bahwa dengan adanya alat ini dapat membantu pengguna listrik mengetahui dan mengkalkulasi berapa biaya yang harus dibayarkan tanpa menunggu setiap akhir bulan.

Creator

TEKNIK INFORMATIKA
Pembimbing : Dedy Abdullah, ST, M.Eng
Penguji 1 : Anisya Sonita, M.Kom
Penguji 2 : Erwin Dwika Putra, M.Kom

Source

TEKNIK INFORMATIKA

Publisher

UPT.Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Date

23 Desember 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

1. Titis wicaksono, Agung sadnowo, Abdul Haris (2007). Rancang bangun Alat Penghitung biaya energy Listrik Terpakai Bebasis Mikrokontroler Pic 16f877.
2. Arief Kurniawan, Dahnial Syauqy, Barlian Henryranu Prasetio (2017). Pengembangan Sistem Monitoring Listrik Pada Ruangan Menggunakan NodeMCU dan MQTT.
3. Angga Riantiarto, Dedy Suryadi, Saifurrahman (2019) Rancang Bangun Alat Monitoring Arus Pada Beban Listrik Rumah Tangga Menggunakan Web Berbasis Arduino Uno R3.
4. Rizki Priya Pratama. (2017). Aplikasi Webserver Esp8266 Untuk Pengendali Peralatan Listrik.
5. I.Anggraeni and M. Murti, “SENSOR ARUS BERBASIS MIKROKONTROLER AVR ATMEGA 8535,” 2010.
6. T. Nusa, S. R. U. A. Sompie, and E. M. Rumbayan, “Sistem Monitoring Konsumsi Energi Listrik Secara Real Time Berbasis Mikrokontroler,” Tek. Elektro dan Komputrer, vol. 4, no. 5, pp. 19–26, 2015.
7. http://www.bstg.co.id/blog/mengukur-dan-mengelola-new-monitoring-dan-power- monitoring/. [Accessed: 10-May-2018].
8. A. Fitriandi, E. Komalasari, and H. Gusmedi, “Rancang Bangun Alat Monitoring Arus dan Tegangan Berbasis Mikrokontroler dengan SMS Gateway,” J. Rekayasa dan Teknol. Elektro, vol. 10, no. 2, pp. 87–98, 2016.

Collection

Citation

TEKNIK INFORMATIKA et al., “ALAT PENGHITUNG BIAYA PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA MENGGUNAKAN ANDROID BERBASIS INTERNET OF THINGS,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1145.