HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR

Dublin Core

Title

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR

Description

Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar dengan konsistensi lembek atau cair, bahkan dapat berupa air saja dan frekuensinya lebih sering (biasanya tiga kali atau lebih) dalam satu hari. Kajadian diare di Kabupaten Kaur dalam tiga tahun terakhir masih menjadi permasalahan kesehatan yang dihadapi Puskesmas Kelam Tengah, hal tersebut diduga berhubungan dengan kurangnya pengetahuan dan perilaku negatif masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kelam Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku ibu dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Kelam Tengah Kabupaten Kaur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2020 di wilayah kerja Puskesmas Kelam Tengah. Populasi penelitian terdiri dari ibu rumah tangga yang memiliki balita sebanyak 368 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 92 ibu balita yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dengan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu (P value = 0.000) dan perilaku ibu (P value= 0.000) dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kelam Tengah.
Diharapkan petugas kesehatan yang berada di wilayah kerja puskesmas Kelam Tengah untuk dapat melakukan penyuluhan dan promosi kesehatan terkait dengan pencegahan penyakit Diare pada anak.

Creator

NADIA WULANDARI
NPM. 1580100054

Source

KESEHATAN MASYARAKAT

Publisher

upt

Date

05/03/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, dkk. 2018. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anakbalita Di Wilayah Kerja Puskesmasbambaira Kabupaten Pasangkayu. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakatuniversitas Muhammadiyah Palu.
Azwar, Saifuddin. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2005. Buku Pedoman Penatalaksanaan Program P2 Diare. Jakarta: Ditjen PPM dan PL.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Buku Saku Petugas Kesehatan Lintas Diare. Jakarta: Ditjen PPM dan PL.
Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur. 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Kaur Tahun 2019. Kaur: Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur.
Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur. 2020. 10 Penyakit Dengan Kasus Tertinggi Di Kabupaten Kaur. Kaur: Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2013. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2014. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2015. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2017. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Dinkes Provinsi Bengkulu. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2018. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2019. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Direktur Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. 2018. Buku Saku Petugas Kesehatan Lintas Diare Lima Langkah Tuntaskan Diare. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Direktur Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. 2019. Rekapitulasi Kejadian Luar Biasa Diare Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Hastono, S.P. 2007. Analisis Data Kesehatan. Jakarta: Fakultas Bengkulu. Dinkes Provinsi Bengkulu. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2018. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2019. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Direktur Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. 2018. Buku Saku Petugas Kesehatan Lintas Diare Lima Langkah Tuntaskan Diare. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Direktur Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. 2019. Rekapitulasi Kejadian Luar Biasa Diare Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Hastono, S.P. 2007. Analisis Data Kesehatan. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.
Irwan. 2017. Epidemiologi Penyakit Menular. Yogyakarta: CV. Absolute Media.
Kementerian Kesehatan RI. 2011. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Tata Laksana Penyakit Diare. Jakarta: Dirjen P2PL.
Kementerian Kesehatan. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan. 2018. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan. 2019. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Khasanah, Uswatun & Galuh Kartika Sari. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Perilaku Pencegahan Diare Pada Balita. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu” Vol. 07 No. 02.
Laksmi ,N.P.A., IGA Trisna Windiani., & I Nyoman Budi Hartawan. 2013. Hubungan Perilaku Ibu Terhadap Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukawati I Periode Bulan November Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Universitas Udayana.
Lidiawati, Meli. 2016. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Angka Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Meuraxa Tahun 2016. Serambi Saintia, Vol. IV, No. 2, Oktober 2016
Maulana, Luthfi Hidayat. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Puskesmas Winduaji Kabupaten Brebes Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Peradaban.
Ngastiyah. 2005. Perawatan Anak Sakit. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitaf. Jakarta: Rineka Cipta.
Prita, Nimas., Agus Fitriangga., & Diana Natalia. 2014. Hubungan Antara Perilaku Ibu Dan Kejadian Diare Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Siantan Hilir. Jurnal Kesehatan Universitas Tanjungpura.
Puskesmas Kelam Tengah. 2020. Profil Kesehatan Puskesmas Kelam Tengah. Kaur. Puskesmas Kelam Tengah.
Rane, Silvia., Yusri Dianne Jurnalis., & Djusmaini Ismail. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Kejadian Diare Akut pada Balita di Kelurahan Lubuk Buaya Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 2017 Volume 6, No 2.
Simadibrata, MK. 2006. Pendekatan Diagnostik Diare Kronik. Di dalam : Sudoyo Aru w et al, editor. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid I Edisi IV. Jakarta: Pusat Penerbitan Depertemen Ilmu Penyakit Dalam FK UI.
Suanta, Martin. 2016. Pengaruh Sanitasi Lingkungan Tempat Tinggal Dan Karakteristik Sosial Ekonomi Rumah Tangga Terhadap Terjadinya Diare Pada Balita Di Nusa Tenggara Timur (Analisis Lanjut Data Susenas 2012). Jurnal Bumi Lestari, Volume 16 No. 2, Agustus 2016, hlm. 119-130
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyono. 2008. Diare Akut Klinik Dan Laboratorik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumampouw, Oksfriani Jufri. 2017. Program Pemberantasan Penyakit Menular. Manado: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Suriadi & Rita Yuliani. 2010. Asuhan Keperawatan Pada Anak. Jakarta: Sagung Seto.
Syah, Laskar Putra, dkk. 2017. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Lainea Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2/No.7/ Agustus 2017; ISSN 2502-731X.
Tambuwun, dkk. 2015. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Keja.dian Diare Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Bahu Kp) Volume 3 Nomor 2 Mei 2015.

Umiati. 2010. Hubungan antara Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Diare Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun 2009. Jurnal Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widjaja, MC. 2004. Mengatasi Diare dan Keracunan Pada Balita. Jakarta: Kawan Pustaka.
Widoyono. 2008. Penyakit Tropis: Epidemiologi, Penularan, Pencegahan, dan Pemberantasannya. Jakarta: Erlangga.
World Health Organization. 2017. Diarrhoeal Disease. Website: Http:// Http://Www.Who.Int/Mediacentre/Factsheets/Fs330/En/ Diakses Pada Tanggal 06 Mei 2019.
World Health Organization. 2008. Indikator Perbaikan Kesehatan Lingkungan Anak. Edited By E. A. Hardiyanti. EGC.
Yarmaliza. 2017. Analisis Karakteristik Ibu Terhadap Kejadian

Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Coverage

bahasa indonesia

Citation

NADIA WULANDARI NPM. 1580100054 , “HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR

,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed July 12, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1371.