PENGALAMAN PENDERITA HIPERTENSI DALAM PENURUNAN TEKANAN DARAH DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) KOTA BENGKULU (STUDI FENOMENOLOGI)

Dublin Core

Title

PENGALAMAN PENDERITA HIPERTENSI DALAM PENURUNAN TEKANAN DARAH DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) KOTA BENGKULU (STUDI FENOMENOLOGI)

Description

Lanjut usia merupakan proses penuaan bertambahnya usia yang ditandai dengan penurunan fungsi organ berdampak pada hipertensi yang menjadi masalah kesehatan diseluruh dunia karena prevalensinya cukup tinggi. Hipertensi disebut sebagai The Silent Killer karena tidak menampakkan tanda dan gejala yang khas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai pengalaman penderita hipertensi dalam penurunan tekanan darah di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Kota Bengkulu.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, Uji keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi sumber yaitu menguji kredibilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber dan data yang dianalisis dengan metode analisis domain. informan berjumlah 5 orang berdasarkan kriteria inklusi. Hasil penelitian pengalaman penderita hipertensi dalam penurunan tekanan darah adalah Lansia mengetahui bahwa hipertensi adalah penyakit darah tinggi dengan gejala pusing dan sakit kepala, upaya yang dilakukan dalam penurunan tekanan darah yaitu dengan terapi farmakologi menggunakan obat antihipertensi yaitu Amlodipine dan terapi nonfarmakologi yaitu Mengkonsumsi mentimun, bengkoang, dan jus seledri , lansia hipertensi melakukan perawatan dengan cara mengatur pola makan, mengurangi asupan garam ,dan senam hipertensi serta melakukan control rutin ke puskesmas, Lansia hipertensi juga mendapatkan dukungan dari pihak panti serta memiliki harapan ingin sembuh dan selalu diberi kesehatan.

Creator

DESTRI SUFIA RATI
NPM : 1680200036

Source

ILMU KEPERAWATAN

Publisher

upt

Date

18/03/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Afiyanti, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Riset Keperawatan. Jakarta : Rajawali Press.

Ahmad, 2017. Waspadai gejala penyakit mematikan. Jakarta Selatan : PT Suka Buku.

Alwi, 2014. Mengenal Usia Lanjut Dan Perawatannya.Jakarta: Salemba Medika.

American Heart Association (AHA), 2014, Understanding anf Controlling Your High Blood pressure, Krames Staywell, LLC, USA, page 3-4

Anies, 2016. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Diit Pasien Hipertensi.Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negri semarang.

Ardiansyah, 2014.Medikal Bedah Untuk Mahasiswa. (Dion, Ed.) (1st ed.). Jogjakarta: DIVA Press

Brunner &Suddart, 2014. Buku ajar keperawatan medikal bedah brunner & suddarth. Jakarta : EGC.

Dinas Kesehatan Provinsi, 2019. Data Laporan Tahunan. Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Fatmah, 2012 Usia Lanjut. Erlangga: Jakarta.

Garnadi, 2018.Catatan kardiologi dosen (lecture notes kardiologi) Edisi IV. Jakarta : Erlangga.

Gusti, 2016. Hipertensi (tekanan darah tinggi). Jakarta : Kanisius.

Indahria Sulistyarini, 2013. Terapi Relaksasi untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hipertensi

Lingga, 2014. Bebas Hipertensi Tanpa Obat. Jakarta: Agromedia.

Luqman, eat al (2017) “Hubungan Tingkat Pengetahuan Pasien Tentang Hipertensi Dengan Sikap Kepatuhan Dalam Menjalankan Diit Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Andong Kabupaten Boyolali”. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maryam, 2016. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Muttaqin, 2016. Pengantar asuhan keperawatan klien dengan gangguan sistem kardiovaskular. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Netha Damayantie, 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku penatalaksanaan Hipertensi oleh penderita di Wilayah Kerja Puskesmas Sekernan Ilir Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2018.

Noor, 2014. Hypertension-a public health problem. Journal of Universidase de Fortalea Brasil

Nugroho, 2017.Keperawatan Gerontik & Geriatrik, Edisi-3. Jakarta: EGC.

Nurarif, Kusuma, H., (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis dan Nanda Nic-Noc Edisi Revisi Jilid 2. Jogjakarta

Padila, 2013. Asuhan Keperawatan Penyakit Dalam .Yogyakarta: Buku Ajar Medikal Bedah.

Padila, 2013. Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Nuha Medika : Yogyakarta

Prisilia Alva Seke, 2016. Hubungan Kejadian Stres Dengan Penyakit Hipertensi Pada Lansia Di Balai Penyantunan Lanjut Usia Senjah Cerah Kecamatan Mapanget Kota Manado

Proverawati, 2018. Ilmu Gizi. Nuha Medika : Yogyakarta.

Rakha, 2015. Evaluasi penggunaan obat antihipertensi pada pasien hipertensi rawat jalan di puskesmas sempaja samarinda. Jurnal Sains dan Kesehatan. Vol 1. No 2. 82 ISSN: 2303-0267, e-ISSN: 2407-6082

Saban, 2013. Cara Mudah Memahami dan Menghindari Hipertensi Jantung dan Stroke. Dianloka Pustaka Populer, Yogyakarta.

Soenanto, 2018. Buku Ajar ilmu penyakit dalam, jilid I, Edisi Ketiga. Jakarta : FKUI.

Triyanto,2014. Pelayanan Keperawatan bagi Penderita Hipertensi Secara Terpadu. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ujijianti, W, 2017. Perbedaan Nilai Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Sebelum Dan Sesudah Olahraga Senam Pada Lansia.” Jurnal Ilmu KeperawatanI.

Widjadja, 2018, KMB Keperawatan Medikal Bedah (Keperawatan Dewasa). Yogyakarta: Nuha Medika.

World Health Organization (WHO), Mental Health And Older Adults.(http://www.who.int/mediacentre/.com) di akses tanggal 18 Juni 2020

Yuli, 2014. Asuhan Keperawatan Gerontik. Jakarta: TI

Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Coverage

bahasa indonesia

Collection

Citation

DESTRI SUFIA RATI NPM : 1680200036 , “PENGALAMAN PENDERITA HIPERTENSI DALAM PENURUNAN TEKANAN DARAH DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA (PSTW) KOTA BENGKULU (STUDI FENOMENOLOGI),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1763.