PENGARUH KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN UJAN MAS

Dublin Core

Title

PENGARUH KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN UJAN MAS

Description

Pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan nasional dalam rangka peningkatan masyarakat. Ada berbagai jenis pajak yang dikenakan kepada masyarakat, namun dari beberapa di antaranya pajak bumi dan bangunan merupakan pajak yang sangat potensial dan strategis sebagai sumber penghasilan negara dalam rangka membiayai penyelenggaran pemerintah dan pembangunan. Mengingat betapa pentingnya peran masyarakat dalam menanggung pembiayaan daerah, maka dituntut adanya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak bumi dan bangunan dengan benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, kenyataannya banyak hal yang dihadapi dalam pemungutannya hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran masyarakat terhadap tingkat pembayaran pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Ujan Mas dengan menggunakan indikator kesadaran yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, sikap wajib pajak, dan kepatuhan membayar pajak terhadap tingkat pembayaran pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Ujan Mas. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak di Kecamatan Ujan Mas dengan rata-rata sebanyak 7.189 wajib Pajak Bumi dan Bangunan selama 4 (empat) tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2015-2018. Sampel yang diambil sebagai responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 wajib pajak. Ukuran sampel dari populasi yang ditentukan dengan penyebaran kuesioner dilakukan dengan accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, sikap wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, kepatuhan membayar pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian dan menambah variabel lain, memperbanyak responden penelitian dan tidak hanya berfokus pada bagian satu wilayah saja, dan diharapkan dapat menambah metode pengumpulan data.

Creator

DENSI NOVITA
NPM.1534030210
Pembimbing I : Fraternesi, SE, M. Si
Pembimbing II : Diah Khairiyah, SE, M. Acc

Source

AKUNTANSI

Publisher

upt

Date

10/04/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Andrea Meylita Widyanti Parera dan Teguh Eraati. 2017. Pengaruh Kesadaran Waib Pajak, Sanksi Perpaakan, Pengetahuan Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
Arief, Rachman. 2008. Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, serta Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan bangunan terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Sumenep Kabupaten Sumenep, Jurnal. FE Universitas Trunojoyo Madura.
Fraternesi, 2002. Pengaruh Faktor-faktor yang melekat pada wajib pajak terhadap tingkat keberhasilan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Bengkulu. Universitas Diponegoro,
Freud, Sigmund, 2007. Kesadaran. Edisi 6, Jakarta. Erlangga
Ghozali, Iman. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasra, Herianto.2007. Efektivitas Pelaksanaan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Persiapan Salohe Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal.
Indrianto dan Purnomo, 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT Bumi Aksara: Jakarta
Jati, I. G. (2016). Pengaruh sikap, kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan pada kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1510-1535.
Kementrian Hukum dan HAM. 2009. Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta
Kementrian Keuangan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38/PMK.03/2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 75/PMK.03/2010 tentang Nilai Lain sebagai Dasar Pengenaan Pajak. Jakarta
Mardiasmo, 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta. Penerbit Andi
61
Ni Ketut Muliari dan Putu Ery Setiawan. 2009. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal. FE Universitas Udayana.
Peraturan Daerah Kabupaten Kepahiang Nomor 05 Tahun 2011 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan.
Resmi, Siti, 2014. Perpajakan Teori dan Kasus. Edisi 8 Buku 1, Jakarta, Salemba Empat
Sangaji dan Sopiah, 2010. Metodologi Penelitian. Andi Yogyakarta.
Sekaran, Uma. 2009. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Setyani. Pengaruh Tingkat Pedidikan dan Tingkat Pendapatan terhadap Kesadaran Masyarakat dalam membayar PBB di Kelurahan Jebres. Universitas Gajah Mada
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhardito. 2009. Kesadaran Wajib Pajak. Jakarta Erlangga
Suryadi, 2006. Model Hubungan Kausal Kesadaran, Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Penerimaan Pajak. Jurnal Keuangan Publik. Vol 4, PP 105-121.
Undang-undang Nomor 12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah
Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.
Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. Edisi 9. Jakarta. Salemba Empat.
Widjadja, HW, 1984, Kesadaran Hukum Manusia dan Masyarakat Pancasila, Era Swasta bekerjasama dengan Pemda DKI Jakarta.

Collection

Citation

DENSI NOVITA NPM.1534030210 and Pembimbing I : Fraternesi, SE, M. Si Pembimbing II : Diah Khairiyah, SE, M. Acc, “PENGARUH KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN UJAN MAS,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed July 22, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1998.