PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Dublin Core

Title

PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu angkatan 2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel random sampling karena jumlah responden lebih dari 100 maka pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 25% dari jumlah populasi yang ada, karena populasi lebih dari 100 yaitu 139 mahasiswa. Berarti 139 x 25%= 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keaktifan berorganisasi mahasiswa terkategori tinggi yaitu sebesar 60.6. 2) Hasil belajar mahasiswa berada pada kriteria sangat memuaskan 3,45. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 31,88. Sedangkan nilai koefisien deteminasi (R2) sebesar 0,14 yang berarti bahwa 14% hasil belajar dipengaruhi oleh keaktifan berorganisasi.

Creator

WEZI MARZONI
NPM 1621290035

Pembimbing: Drs. Apandi, M.M

Source

PENDIDIKAN EKONOMI

Publisher

upt

Date

27/04/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Dkk, J. (2014). Pengaruh Aktivitas Mahasiswa Dalam Berorganisasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar . Universitas Negeri Lampung Jurnal.
Pradayu, M. (2017). Pengaruh Aktivitas Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Pengurus BEM Universitas Riau. Jurnal.
Rivaldi, S. (2013). Pengaruh Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Pontianak. Jurnal Skripsi.
Walsyukurniat Zendrato, S. M. (2018). Pengaruh Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stkip Nias Selatan. Jurnal Skripsi.
Haryono, E. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Konsep Diri Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal.
Widyatmoko, Y. (2014). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Diterbitkan Oleh UNY.
Aprilia, H. N. (2010). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Ekstrakurikuler Mahasiswa Dan Partisipasi Dalam Kuliah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pengurus Ormawa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2010 . Skripsi Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Ismie, S. M. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Mahasiswa Intra Kampus Terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Dan Prestasi Akademik. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Skripsi.
Mintasih, I. (2017). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013-2016 . universitas sebelas maret surakarta.
Setyowati. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Aktif Berorganisasi Dengan Tidak Berorganisasi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Uns. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Statistik, B. P. (2016). Ketenagakerjaan Februari 2016. Diperoleh Tanggal 20 Februari 2017. Dari Www.Bps.Go.Id.
Ri, K. (1998). Undang Undang Nomor 155 Tahun Tahun 1998 Tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. . jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Penyusun (2018). Pedoman Penulisan Skripsi. Bengkulu: UMB Press
Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Depdiknas RI.




Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Citation

WEZI MARZONI NPM 1621290035 and Pembimbing: Drs. Apandi, M.M, “PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed September 26, 2021, http://repo.umb.ac.id/items/show/2024.