PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN
LANGSUNG TUNAI DANA DESA
(Studi Di Desa Tungkal II Kec. Pino Raya Kab. Bengkulu Selatan)

Dublin Core

Title

PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN
LANGSUNG TUNAI DANA DESA
(Studi Di Desa Tungkal II Kec. Pino Raya Kab. Bengkulu Selatan)

Description

Salah satu upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia adalah Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Salah satu Desa yang melaksanakan program ini adalah Desa Tungkal II Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Di Desa Tungkal II Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Di Desa Tungkal II Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu metode yang melakukan analisis dan interpretasi kata-kata dan hasil interview dengan tujuan untuk menemukan makna dari suatu fenomena. Informan pada penelitian ini sebanyak Tiga orang yang merupakan Pemerintah Desa Tungkal II atau Panitia pelaksana dan Tiga orang masyarakat penerima manfaat program tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada Enam indikator dalam Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yaitu pada Proses sosialisasi dilakukan dengan cara mensosialisaikan kepada masyarakat mengenai kriteria-kriteria calon penerima program tersebut, meskipun demikian masih ada masyarakat yang tidak mengetahui prosesnya. Pada Proses pendataan dan penetapan calon penerima program terdapat kisruh antara masyarakat dengan pemerintah Desa sehingga dilakukan Musyawarah Desa sebanyak tiga kali dan ditetapkan data sebanyak 88 orang yang menerima program tersebut. Metode dan mekanisme penyaluran dilakukan secara langsung kepada masyarakat melalui prosedur yang telah ditetapkan. Proses pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa berjalan cukup baik dan secara teratur selama tiga bulan berturut-turut serta tanpa adanya potongan. Pemanfaatan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa masih digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Evaluasi Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa juga dinilai sudah cukup baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Creator

RESY DESVERA
NPM: 1770100020
Pembimbing:
Drs. Ju’im Thaap, M.AP.
Penguji I :
Dr. Ledyawati, S.Pi., M.Si
Penguji II :
Linda Safitra, S.Sos., M.Si

Source

ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

07 Oktober 2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Ponto, Auldrin M. dkk. 2016. Implementasi Kebijakan Program Pembangunan Berbasis LingkunganMembangun Prasarana Fisik, Sosial dan Ekonomi Di Kelurahan Karombasan Selatan Kecamatan Wanea Kota Manado. Edisi XX (Januari-Februari2016) Volume 3.
Purwanto, Erwan Agus. 2007. Mengkaji Potensi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Pembuatan Kebijakan Anti Kemiskinan di Indonesia. Volume 10, Nomor 3.
Putri, Ririn Noviyanti. 2020. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi : Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Universitas Batanghari Jambi.
Setyawan, Anton Agus. 2001. Kemiskinan di Dunia Ketiga Dalam Perspektif Ekonomi Politik Internasional. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahman, Putri Anita. dkk. 2019. Kemiskinan Dalam Perspektif Ilmu Sosiologi. Volume 3 Nomor 6.
Rahmawati, Ratih. dkk. 2019. Jurnal Analisa Sosiologi: Analisis Kasus Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) “MS Collection” Kerajinan Kain Perca di Kelurahan Gendrekan Kecamatan Brebes Kota Surakarta.
Ritzer, George. 2003. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rosfadhila, Meuthia. dkk. 2011. Laporan Penelitian : Kajian Cepat Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2008 Dan Evaluasi Penerima Program BLT 2005 di Indonesia.
Selviana. dkk. 2016. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi : Bantuan Langsung Tunai. Universitas Muhammadiyah Makassar. Vol III No. 2.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualiatif : Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretatif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjokroamidjojo, Bintoro. 2011. Pengantar Administrasi Pembangunan. LP3ES, Jakarta.
__________ 2020. Buku Panduan Pendataan : Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) Juni 2020.
__________ 2020. Catalog Badan Pusat Statistik Indonesia 2020 : Statistical Yearbook Of Indonesia 2020.
__________ 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KBBI Daring). Pengertian Pelaksanaan.
__________ 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KBBI Daring). Pengertian Program.
__________ 2020. Surat Ketetapan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Mayarakat Desa No. 12/PRI.00/IV/2020 Tentang Penegasan BLT Dana Desa tanggal 27 April 2020.

Collection

Citation

RESY DESVERA NPM: 1770100020 et al., “PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN
LANGSUNG TUNAI DANA DESA
(Studi Di Desa Tungkal II Kec. Pino Raya Kab. Bengkulu Selatan),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed December 9, 2023, http://repo.umb.ac.id/items/show/2342.