INOVASI LAYANAN DUKCAPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LEBONG

Dublin Core

Title

INOVASI LAYANAN DUKCAPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LEBONG

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Inovasi berbasis aplikasi Layanan Dukcapil Lebong dalam proses pembuatan dokumen administrasi kependudukan di Kabupaten Lebong dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkualitas. Hasil dari penelitian inovasi aplikasi Layanan Dukcapil Lebong diharapkan mampu memberikan masukan untuk pemerintah daerah Kabupaten Lebong, terkhusus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil selaku penyelenggara pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.Disisi sosial penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih merespon inovasi yang digagas oleh pemerintah Kabupaten Lebong.Di sisi akademik, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan keuntungan di bidang ilmu administrasi.Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sumber data menggunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung di lapangan, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Layanan Dukcapil Lebong pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebong sudah baik dan sesuai dengan teori artribut inovasi, hal ini di lihat dari aspek: Keuntungan relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan dicoba, serta Kemudahan diamati. Dengan adanya inovasi berbasis aplikasi Layanan Dukcapil Lebong ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan melalui pola layanan yang efektif dan efisien, serta beriorientasi pada sasaran inovasi. Namun dilain sisi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lebong harus memperbaiki adanya error pada salah satu menu, mensosialisasikan secara langsung dan berkelanjutan kepada masyarakat yang berada di desa, khususnya desa yang belum merata jaringan internet maupun masyarakat yang benar-benar kurang memahami layanan online.

Creator

Anggi Febrianda
NPM : 1770300039
Pembimbing:
Novliza Eka Patrisia, S.IP, M.Si
Penguji I:
Dr. Sri Indarti, M.Si
Penguji II:
Dr. Titi Darmi, M.Si

Source

Administrasi Publik

Publisher

UPT PERPUSTAKAAN

Date

13 November 2021

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Buku
Defny Holodin, dkk(2017). Reformasi Birokrasidalam Transisi. Jakarta: Kencana
Indarjit, Richardus Eko. 2006. Electronic Government: Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet dan Teknologi Informasi. Yogyakarta. APTIKOM
Kuraniawan, A. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan
Maksudi, B.I. 2018. Dasar-Dasar Administrasi Publik, Rajawali Pers, Depok.
Miles, M.B. Huberman, A.M., Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook Edition 3. USA : Sage Publications. Terjemahan Tjejep RohinindiRohidi :UI Press
Muluk, Khairul, Knowledge Management Kunci Sukses inovasi Pemerintahan Daerah, Bayumedia Publising, Jatim Hal 43.
Noor, Irwan, 2013. Desain Inovasi Pemerintahan Daerah, UB Press, Malang.
Rogers dalam Suwarno (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LANPress
Sinambela, L. P. 2006. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi), PT.Bumi Aksara Jakarta.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Syafri, Wirman. 2012. Studi Tentang Ilmu Administrasi Publik, Erlangga, Jakarta.
Buku Terbitan Lembaga
Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.
Lembaga Administrasi Negara. 2014. Handbook Inovasi Administrasi Negara. Jakarta: Pusat INTAN-DIAN-LAN.
Jurnal
Achmad Dwiky Kurniawan, Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Badan Penanaman Modal Dan Perizinan Kabupaten Lamongan), Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 3, Nomor 3, September-Desember 2015.
Diah Nur Fitriana, Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitasi Pelayanan Kereta ApiPT.KAI di Stasiun Gubeng Surabaya). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, Volume 2, Nomor 1, Januari 2014.
Erick S.Holle, Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Mall administrasi Dalam Meningkatkan Public Service, Jurnal Sasi Vol.17, hal.23, No 3 Bulan Juli-September 2011.
Undang-Undangm
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Peraturan Daerah No.8 Tahun 2016 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong 2016-2021
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Peraturan Daerah Kabupaten Lebong No 2 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.
Website
http://www.lebongkab.go.id(diaksesqpada 22 Oktober 2020
http://www.dukcapillebong.go.id(diaksesqpada 11 februari 2021)
http://kemendagri.go.id (diakses pada 11 februari 2021)

Citation

Anggi Febrianda NPM : 1770300039 et al., “INOVASI LAYANAN DUKCAPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LEBONG,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed November 29, 2022, http://repo.umb.ac.id/items/show/2607.