MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR)
(STUDY KASUS : MADRASAH IBTIDAIAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU)

Dublin Core

Title

MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR)
(STUDY KASUS : MADRASAH IBTIDAIAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU)

Description

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah mata pelajaran yang berkaitan dengan mengetahui alam secara sistematis, pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Oleh karena itu, siswa perlu dibantu untuk mengembangkan keterampilan proses. Teknologi augmented reality (AR) adalah sebuah teknologi visual yang menggabungkan objek atau dunia virtual ke dalam tampilan dunia nyata secara real time. Tujuan utama dari Augmented Reality adalah untuk menciptakan lingkungan baru dengan menggabungkan interaktivitas lingkungan nyata dan virtual sehingga pengguna merasa bahwa lingkungan yang diciptakannya adalah nyata. Dengan menggabungkan media pembelajaran dan augmented reality akan meningkatkan minat belajar siswa terhadap berbagai macam pelajaran nantinya.

Creator

ADDHAM BAHTIAR
NPM: 1560100192
Pembimbing 1:
Pahrizal, M.Kom
Pembimbing 2:
Marissa Utami, M.Kom
Penguji 1:
Yuza Reswan, M.Kom
Penguji 2:
Agung Kharisma Hidayat, M.Kom

Source

Teknik Informatika

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

08 Oktober 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Budiyanto, S. (2012). Implementasi Sistem Pengenalan Wajah Sebagai Penghubung Jejaring Sosial : Penerapan Augmented Reality Sebagai Penampil Informasi Hasil Pengenalan Wajah Pada Perangkat Android. Skripsi (published), Program Studi Teknik Komputer, Universitas Indonesia.
(2008). In P. K. Devi, & S. Angraeni, Ilmu Pengetahuan Alam (pp. 1-222). Jakarta Pusat: Pusat Perbukuan.
Hasibuan, S. (2015). Retrieved from http://www.sulaidihasibuan.com/2015/03/pengertian-aplikasi-komputer.html
Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus : Distro Zhezha Pontianak. Jurnal Khatulistiwa Informatika , Vol. 4.
Jurmalis, M. (2018). Aplikasi Pembelajaran Smart Hijaiyyah Berbasis Augmented Reality. ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 10 Nomor 1 April 2018 , 52-57.
Kusniyati, H. (2016). Aplikasu Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika , Vol.9.
Mukti, F. D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. 1-42.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik – Tejo Nurseto , 19-34.
Rentor, M. F. (2013). Rancang Bangun Perangkat Lunak Pengenalan Motif Batik Berbasis Augmented Reality. 26-27.
Rumajar, R. (2015). Perancangan Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality. E-journal Teknik Elektro dan Komputer , 2.
Sartika, Y., & DKK. (2016). e-Proceeding of Applied Science. APLIKASI PEMBELAJARAN TATA SURYA UNTUK IPA KELAS 6 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID , 895-908.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima Bandung.
Syahrir, A. S. (2015). Konferensi Nasional Sistem & Informatika. Visualisasi Struktur Rangka Manusia Berbasis Augmented Reality untuk Mata Pelajaran IPA pada SD Negeri 1 Daya Makassar , 13-18.

Collection

Citation

ADDHAM BAHTIAR NPM: 1560100192 et al., “MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR)
(STUDY KASUS : MADRASAH IBTIDAIAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed July 16, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/268.