PRAANGGAPAN DAN IMPLIJATUR PERCAKAPAN DALAM PANTUN SENI DENDANG SERAWAI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Dublin Core

Title

PRAANGGAPAN DAN IMPLIJATUR PERCAKAPAN DALAM PANTUN SENI DENDANG SERAWAI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Description



Abstrak: Untaian kata dalam pantun yang dipilih oleh pelaku seni dendang mengandung praanggapan dan implikatur. Apa yang dipraanggapankan oleh pemantun yang satu akan diimplikasikan oleh pemantun yang lain. Masalah penelitian ini adalah bagaimana praanggapan dan implikatur dalam pantun seni dendang Serawai, bagaimana keterkaitan antara keduanya. Tujuan penelitian mendeskripsikan praanggapan dan implikatur pantun dalam seni dendang Serawai, mendeskripsikan keterkaitan antara praanggapan dengan implikatur serta menemukan hubungan antara pernyataan-pernyataan pemantun satu dengan pemantun yang lain dalam seni dendang tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung. peneliti hadir pada pertunjukkan seni dendang tersebut, kemudian melihat, menyimak, merekam dengan taperecorder, mencatat dan mewawancarai secara langsung orang-orang yang terlibat dalam pertunjukan tersebut. Data penelitian ini adalah semua pantun yang terdapat dalam seni dendang Serawai pada saat pertunjukan berlangsung di KelurahanTanjung Mulia, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yakni pendendang, penari sekaligus pemantun (orang yang mendendangkan pantun), jenang (orang yang mengatur jalannya pertunjukan seni dendang). Kesimpulan penelitian ini adalah a. Ditemukan praanggapan dan implikatur dalam pantun seni dendang Serawai, terdapat keterkaitan, kesesuaian, kesamaan persepsi antara implikatur dan praanggapan dalam pantun seni dendang Serawai tersebut, b.Ditemukan beberapa praanggapan dan implikatur yang kurang sesuai, kurang relevan dalam pantun seni dendang Serawai.

Creator

Reni Kusmiarti

Source

LITERALISASI Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

15 April 2023

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Format

PDF File

Language

Bahasa Indonesia

Type

Artikel Jurnal

Identifier



Ahmad, Araby, dkk.1983 Sastra Lisan Aceh. Jakarta: P3B Depdikbud.
Bawani, Imam.1993.Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas. Brown, Gillian dan George Yule. 1996. Analisis Wacana (terjemahan I.Soetikno). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Depdikbud.1999/2000. "Aspek Budaya Seni Dendang dalam Upacara Perkawinan Adat di Kota Bengkulu". Bengkulu:
Depdikbud.
Laelasari dan Nurlailah, 2006. Kamus Istilah Sastra. Bandung: Nuansa Aulia. Leech, Geofrey, 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia. Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teoridan Penerapannya). Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.


Rani, Supratman Abdul. 2006. Intisari Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. Suyono. 1990. Pragmatik Dasar-dasar dan Pengajaran. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh
Surana 2001. Pengantar Sastra Indonela, Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Verhaar, J.W.M. 1996. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Citation

Reni Kusmiarti, “PRAANGGAPAN DAN IMPLIJATUR PERCAKAPAN DALAM PANTUN SENI DENDANG SERAWAI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed April 19, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/3572.