TINDAK TUTUR KOMENTAR TERHADAP KASUS KEKERASAN SEKSUAL YANG DIALAMI YUYUN PADA MEDIA SOSIAL (FACEBOOK)

Dublin Core

Title

TINDAK TUTUR KOMENTAR TERHADAP KASUS KEKERASAN SEKSUAL YANG DIALAMI YUYUN PADA MEDIA SOSIAL (FACEBOOK)

Description



Abstrak: Peristiwa yang menimpa Yuyun membuat perhatian publik tertuju pada permasalahan tersebut. Di media sosial banyak komentar berupa tindak tutur yang diungkapkan semua orang yang merasa bahwa kasus tesebut sangat memprihatinkan bagi bangsa ini. Masalah dalam penelitian ini adalah tindak tutur apa saja pada komentar terhadap kasus kekerasan seksual yang dialami Yuyun pada media sosial (facebook) ?Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur pada komentar terhadap kasus kekerasan seksual yang dialami Yuyun pada media sosial (facebook).Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur komentar terhadap kasus kekerasan seksual yang dialami Yuyun pada media sosial (facebook). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengakses informasi komentar pengguna media sosial (facebook) terhadap kasus kekerasan seksual yang dialami oleh Yuyun.Teknik analisis data dengan mengidentifikasi tindak tutur berdasarkan jenis-jenis tindak tutur, mengklasifikasi jenis-jenis tindak tutur, menganalisis klasifikasi tindak tutur, mendeskripsikan tindak tutur komentar yang terdapat pada media sosial (facebook) terhadap kekerasan yang dialami oleh Yuyun, menginterpretasikan makna komentar yang terdapat dalam media sosial (facebook) berdasarkan kategori tindak tutur, menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur yang banyak digunakan dalam komentar terhadap kasus kekerasan yang dialami Yuyun pada media sosial (facebook) adalah tindak tutur ilokusi, yaitu tindak tutur tawaran, pertanyaan memberikan izin, mengucapkan terima kasih, menyuruh menawarkan, belasungkawa dan menjanjikan.

Creator

Reni Kusmiarti
Hakiki Elvionika

Source

LITERALISASI Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

15 April 2023

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Format

PDF File

Language

Bahasa Indonesia

Type

Artikel Jurnal

Identifier



Arifin, Bustanul dan Abdul, Rani. 2000.
Prinsip-Prinsip
Analisis Wacana. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Chair, Abdul dan Leonie Agustina.2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Puspita Sari, Fenda. 2013. "Tindak Tutur dan Fungsi Ekspresif dalam Acara Galau Nite di Metro TV: Suatu Kajian Pragmatik". Jurnal Skriptorium Vol 1 Nomor 2.
Leech,Geoffrey.1993.Prinsip-Prinsip Pragmatik (Ed.Oka,M.D.D). Jakarta: Universitas Indonesia.
Oktavita, Artri Indriana dan Ria Saraswati. 2016. Tindak Tutur pada Update Status Facebook Dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universita Indraprasta PGRI. Bandung: Prodi Linguistik SPS UPI Gedung Sekolah Pascasarjana UPI.
Rusminto, Eko Nurlaksana. 2015. Analisis Wacana Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahma, Anis Narulita. 2014." Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi "Meraih Mimpi". Jurnal Skriptorium Vol 2 Nomor 2. Februari 2014.
Sendilatta Ekky Cintyaresi. 2013. "Analisis Tindak Tutur pada Film" Garuda di Dadaku"Karya Ifa Ifansyah". Jurnal Artikulast Vol.7 No.1 Februari 2013
Yuyun."Duka Nasional" Rakyat Bengkulu, 4 Mei 2016 hlm.1-7.

Citation

Reni Kusmiarti and Hakiki Elvionika, “TINDAK TUTUR KOMENTAR TERHADAP KASUS KEKERASAN SEKSUAL YANG DIALAMI YUYUN PADA MEDIA SOSIAL (FACEBOOK),” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed February 27, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/3573.