KREATIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN SITAKSIS BAHASA INDONESIA MELALUI LESSON STUDY DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD

Dublin Core

Title

KREATIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN SITAKSIS BAHASA INDONESIA MELALUI LESSON STUDY DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD

Description



Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menjadi alternatif pembelajaran yang baik bagi peserta didik (mahasiswa) untuk mengembangkan keterampilan, kemampuan berpikir. Mahasiswa dituntut untuk aktif dalam memecahkan masalah, berpikir dan kreatif dalam menganalisis dan mengaplikasikan konsep, dan prinsip-prinsip agar menjadi lebih bermakna, pada akhirnya akan mencapai hasil belajar yang diharapkan. Masalah dalam makalah ini adakah Bagaimana Keaktifan Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran sintaksis Bahasa Indonesia Melalui lesson study dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif STAD? Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan keaktifan belajar mahasiswa pada pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia melalui lesson study dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD? Manfaatnya adalah (1)Memberikan masukan kepada dosen model untuk dalam usaha mengkritisi pembelajarannnya, memperdalam pemahaman tentang materi pembelajaran, cakupan dan urutannya, memfokuskan bantuannya pada seluruh aktivitas belajar mahasiswa terutama tentang keaktifan mahasiswa. (2) Memberi masukan bagi tim dosen lesson study pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UMB dalam rangka meningkatkan kolaborasi antar dosen, memberikan peluang memecahkan masalah dan mencari solusi secara bersama-sama. (3) secara praktis bermanfaat dalam meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa terutama dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui lesson study. (4) Bagi FKIP- UMB untuk memperkaya khazanah pengetahuan dosen dan mahasiswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui lesson study dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Kesimpulan dalam makalah ini adalah Terdapat peningkatan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia dalam lesson study dengan penerapan model pembelajaran.

Creator

Reni Kusmiarti

Source

Prosiding FSMR 1

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

15 April 2023

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Format

PDF File

Language

Bahasa Indonesia

Type

Artikel Prosiding

Identifier



Ema, 2009. Indikator Keaktifan Siswa. Error! Hyperlink reference not valid. diakses tanggal 7 Juli 2014.
Gasong,D. 2006. Metode pembelajaran Konstruktivistik sebagai Alternatif mengatasi Masalah Pembelajaran.Http://Puslit.Petra.ac.id/Journal. Diakses tanggal 10 Juli 2014.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendayana, S., dkk. (2006). Lesson Study: suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung:
UPI Press.
Muhibbin Syah. 2012. Psikologi belajar. Bandung: Rajagrafindo Persada( Rajawali Press).
Mulyasa,E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratumanan, Tanwey G. Model Pembelajaran interakrif dengan Setting Kooperatif. Surabaya: PPS Universitas Surabaya.
Rusman.2011. Model-model pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat.
Saito, E., Imansyah, H. dan Ibrohim. 2005. Penerapan Studi Pembelajaran di Indonesia: Studi Kasus dari IMSTEP. Jurnal Pendidikan "Mimbar Pendidikan", No.3. Th. XXXIV: 24-32.
Sardiman,A,M. 2011. Interaksi Belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sujana, Nana. 2004. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Trianto. 2007. "Mode Model Pembelajaran Inovat Berorientasi Konstruktivistik". Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wikipedia, 2007. Lesson Study. Online: http://en.wikipedia.org.

Citation

Reni Kusmiarti, “KREATIFITAS BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN SITAKSIS BAHASA INDONESIA MELALUI LESSON STUDY DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed April 15, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/3574.