PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED di SMPN 11 KOTA BENGKULU

Dublin Core

Title

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED di SMPN 11 KOTA BENGKULU

Description

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan kemampuan penalaran matematis siswa sebagai akibat dari penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended dan pendekatan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu sedangkan sampelnya dipilih dua kelas dari tujuh kelas yang ada. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan penalaran dan pedoman observasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan perkembangan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pendekatan konvensional.

Creator

Penulis
Adi Asmara
Editor
Herman Mawengkang
Saib Suwilo
Tulus
Marwan Ramli

Source

MATEMATIKA

Publisher

PROSIDING Seminar Nasional Matematika dan Terapan 3 (SiManTap) 2012

Date

08 MEI 2023

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Format

PDF File

Language

BAHASA INDONESIA

Type

ARTIKEL PROSIDING

Identifier



Baroody, AJ dan Niskayuna, RTC (1993). Pemecahan Masalah, penalaran, dan komunikasi, K-8. Membantu anak berpikir matematis. New York: Merril, Impirit of MacMillan Publishing Company.
Hake, R. (1999). Menganalisis Perubahan/Mendapatkan Skor. [on line]. Tersedia: http://www. physics.indiana.edu/- sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.
Hashimoto, Y. (1997). Contoh Pengembangan Pelajaran. Shimada, S. dan Becker, JP (Ed). Pendekatan Berakhir Terbuka. Sebuah Proposal Baru untuk Pengajaran Matematika. Reston: VA NCTM.
Inprashita, M. (2004). Pendekatan Terbuka dan Pendidikan Guru. [on line]. Tersedia: http://www.criced.tsukuba.ac.jp/ math/apec2006/ progress_report / Symposium/ Imprasitha_a.pdf. Dewan Nasional Guru Matematika. (2000). Prinsip dan standar untuk matematika sekolah. Reston, VA: NCTM.
Nohda, N. (1999). Kajian Metode “Pendekatan Terbuka” Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah – Berfokus Pada Kegiatan Pemecahan Masalah Matematika. [on line]. Tersedia: http://www.nku.edu/~sheffield/nohda.html. Ruseffendi, ET. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
Ruseffendi, ET (2006). Pengantar KepadaMembantu Guru menampilkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya: Media Pendidikan Matematika Nasional.
Sudjana. (1995). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sumarmo, U.. (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah. Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Citation

Penulis Adi Asmara and Editor Herman Mawengkang Saib Suwilo Tulus Marwan Ramli, “PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED di SMPN 11 KOTA BENGKULU,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 30, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/3595.