UPAYA PENINGKATAN GERAKAN LITERASI DI BERBAGAI PROVINSI UNTUK MEWUJUDKAN GURU-GURU TK PAUD AISYAH BERKEMAJUAN

Dublin Core

Title

UPAYA PENINGKATAN GERAKAN LITERASI DI BERBAGAI PROVINSI UNTUK MEWUJUDKAN GURU-GURU TK PAUD AISYAH BERKEMAJUAN

Subject

Literasi, guru, cerita, storytelling

Description

ABSTRAK
Terbatasnya buku dan media pembelajaran di sekolah TK PAUD, menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh para guru di lingkungan Aisyah. Sementara, para guru itu sesungguhnya memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Oleh karena itu, perlu dipertemukan narasumber yang memiliki keahlian dan guru-guru yang berpontensi melalui kegiatan pelatihan gerakan literasi yang melibatkan mitra, seperti PWA, PDA, atau PCA di beberapa provinsi di Indonesia. Kegiatan pelatihan gerakan literasi ini memiliki tujuan agar guru dapat bertambah pengetahuannya, terampil menulis cerita, dan
mendongeng serta memberdayakan potensi para guru TK PAUD Aisyah. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu pelatihan pembuatan cerita anak (fabel) dan pelatihan mendongeng (storytelling). Hasil dan dampak dari kegiatan ini adalah: (1) guru TK PAUD Aisyiah mengetahui bagaimana menulis cerita anak/binatang (fabel), (2) guru TK PAUD Aisyiah mengetahui bagaimana cara mendongeng (storytelling), dan (3) mengimplemantasikan hasil pelatihan menulis cerita dan mendongeng dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Creator

LPPM Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Publisher

LPPM Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Contributor

Rina Ratih

Rights

Universitas Ahmad Dahlan
*Corresponding author : rinaratihuad@yahoo.com

Language

English, Indonesia

Citation

LPPM Universitas Muhammadiyah Bengkulu, “UPAYA PENINGKATAN GERAKAN LITERASI DI BERBAGAI PROVINSI UNTUK MEWUJUDKAN GURU-GURU TK PAUD AISYAH BERKEMAJUAN,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed April 15, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/53.