ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM ANTENATALTERPADU DI PUSKESMAS TUNGKAL KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2018

Dublin Core

Title

ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM ANTENATALTERPADU DI PUSKESMAS TUNGKAL KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2018

Description

Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih menjadi permasalahan serius di Negara Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan meluncurkan program Antenatal Terpadu yang diyakini mampu menurunkan AKI dan AKB di Indonesia. Pada tahun 2016 cakupan K1 di Puskesmas Tungkal adalah sebesar 94%, sedangkan cakupanK4 hanya sebesar 86%. Kondisi tersebut masih belum mencapai target Nasional yaitu sebesar 95%, dan masih jauh dari target Puskesmas Tungkal yang mentargetkan cakupan K1 dan K4 sebesar 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Antenatal Terpadu di Puskesmas Tungkal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tempat penelitian adalah Puskesmas Tungkal. Penelitian dilakukan selama kurang lebih satu bulan yaitu pada bulan Januari 2018. Informan utama dalam penelitian adalah 3 orang Bidan dan 5 orang Ibu hamil, sedangkan Informan triangulasi adalah Kepala Puskesmas dan Penanggung Jawab program KIA Puskesmas Tungkal.Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 5 jenis pelayanan yang ada dalam Program ANC Terpadu, hanya 2 jenis pelayanan yang sudah dilaksanakan sesuai standar yaitu pemeriksaan fisik dan tindak lanjut kasus, sedangkan 3 jenis pelayanan yaitu anamnesa, pencatatan hasil pemeriksaan, dan KIE belum dilaksanakan sesuai dengan standar Permenkes No. 97 Tahun 2014. Cakupan pelayanan K1 dan K4 di Puskesmas Tungkal pada tahun 2017 masing-masing sebesar 96% dan 94%, meskipun belum sesuai dengan target Puskesmas Tungkal namun angka tersebut jauh di atas rata-rata Nasional.

Creator

YAYAN HARTAWI
NPM: 1280100012
Pembimbing I:
Henny Febriawati, SKM., MARS
Pembimbing II:
Heldi Sahputra, SKM, MM
Penguji 1:
Hj. Betranita, SKM, MKM
Penguji 2:
Riska Yauarti, SKM., MKM

Source

Kesehatan Masyarakat

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

03 November 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Azwar, Azrul. 2008. Pengantar Administrasi Kesehatan Masyarakat.Semarang: Undip.Burhan, Bungin. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Aksesbilitasnya.Jakarta: Erlangga.Dainur. 1994. Kegiatan KIA di Puskesmas dan Permasalahannya.Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.DepKesRI.2005. Kesehatan Reproduksi di Indonesia. Jakarta:Departemen Kesehatan Republik Indonesia.Depkes RI. 2007. Panduan Pelayanan Antenatal. Jakarta : Departemen KesehatanRepublik Indonesia.DepKesRI. 2009. PedomanPelayanan Antenatal di TingkatPelayanan Dasar. Jakarta: Departemen KesehatanRepublik Indonesia.Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan. 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan 2015. Bengkulu Selatan: Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan.Dinkes Propinsi Bengkulu. 2015. Buku Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu Tahun 2015. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.Effendi, F & Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktek Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba medika.Eka, A.P. 2012. Kesehatan Ibu dan Anak.Yogyakarta: Nuha Medika.Hasibuan, M. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.Kemenkes RI. 2008. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No. 741 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten dan Kota.Jakarta: Kemenkes RI.Kemenkes RI. 2010. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA),Jakarta: Direktorat Jendral Bina Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta: Kemenkes RI.Kemenkes RI. 2013. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu,Jakarta: Kemenkes RI.
Kemenkes RI. 2014. Peraturan Mentri Kesehatan No. 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.Jakarta: Kemenkes RI.Kemenkes RI. 2014. Peraturan Mentri Kesehatan No. 97Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil,Persalinan, dan Masa Sesudah Melahirkan, PenyelenggaraanPelayanan Kontrasepsi, Serta Pelayanan Kesehatan Seksual.Jakarta: Kemenkes RI.Kurniawati, Elvira. 2012. Evaluasi Pelaksanaan 11T dalam Pelayanan Antenatal Oleh Bidan di Puskesmas Singkawang Tengah Kota Semarang Tahun 2012.Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.Puskesmas Tungkal. 2015. Laporan Tahunan Puskesmas Tungkal. Bengkulu Selatan: Puskesmas Tungkal.Medika, P.S. 2014. Analisis Kinerja BPM Dalam Pelaksanaan ANC Terpadu Pada Ibu Hamil di Wilayah IBI Ranting Kota Semarang.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.Nasir, A, dkk. 2011. Buku Ajar : Metodelogi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.Mieke Anna, dkk. 2013. Analisis Implementasi Program Pelayanan Antenatal Terpadu Pada Ibu Hamil dengan Malaria di Puskesmas Tobelo Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. Vol. 01, No. 02.Monica, H.F. 2015. Implementasi Program Antenatal Terpadu di Puskesmas Tanjung Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Dengan Pendekatan Balance Scorecard.Skripsi, Palembang: Universitas Sriwijaya.Muninjaya, Gde. 2011. Manajemen Kesehatan.Jakarta: Buku Kedokteran EGC.RisKesDas. 2013. Hasil Riset Kesehatan Dasar.Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.Sopiah (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabet.Sugiono. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.Wijono D. 2008. Manajemen Puskesmas Kebijakan dan Strategi. Surabaya: Duta Prima Airlangga.

Citation

YAYAN HARTAWI NPM: 1280100012 et al., “ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM ANTENATALTERPADU DI PUSKESMAS TUNGKAL KECAMATAN PINO RAYA KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2018,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed May 29, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/606.