PENGARUH LOKASI DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT PADA PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU

Dublin Core

Title

PENGARUH LOKASI DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT PADA PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU

Description

Usaha-usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan adalah salah satunya melalui kegiatan pemasaran, yaitu proses sosial yang didalalmnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan menciptakan penawaran, dan secara bebas menukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 104 orang yang diambil dari konsumen pada toko Pakaian Mar Collection di Bengkulu yang diperoleh dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, koefisien determinasi(R2). Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibitas, uji `asumsi klasik dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis.Berdasarkan hasil dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 2.683 + 0.554() + 0.202() angka ini mempunyai makna nilai konstanta 2.683 yang dijelaskan adanya pengaruh positif dari setiap variabel bebas yaitu bukti langsung Lokasi (X1) sebesar 0.554, keberagaman produk (X2) Sebesar 0.202 mengalami peningkatan maka akan diikuti peningkatan minat beli (Y). Dari hasil penelitian koefisien determinasi dapat diketahui bahwa nilai R Square 56.9%. nilai ini mempunyai arti bahwa variabel Lokasi (X1), Keberagaman Produk (X2) terhadap minat beli dapat dijelaskan oleh variabel bukti langsung, Lokasi (X1), Keberagaman Produk (X2). Sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain.Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukan bukti langsung Lokasi (X1), Keberagaman Produk (X2) memiliki nilai tsig<0,050% dan dapat disimpulkan bahwa bukti langsung Lokasi (X1) Keberagaman Produk (X2). Memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli (Y) pada Toko Pakaian Mar Collection Di Bengkulu.Hasil uji hipotesis dengan uji f menunjukan nilai fsigsebesar 0,000<0,050 hal ini berarti bahwa secara bersama-sama bukti langsung Lokasi (X1), Keberagaman Produk(X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli (Y) pada Toko Pakaian Mar Collection Di Bengkulu.

Creator

ENDRA PURWANTO
NPM: 1534020136
Pembimbing I:
Adi Sismanto, S. E., M. M
Pembimbing II:
Ridwan, S. E., M. M
Penguji 1:
Eti Arini, S. E., M.M
Penguji 2:
Drs. Subandrio, M.M

Source

Manajemen

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

03 November 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri, (2014).“Manajemen Pemasaran”. EdisiI, Cet 3;Jakarta: Rajawali Pers.Ali A. H, Muhammad Wahyu; HaDjoko.W dan S Listyorini. (2013). “PengaruhKeragamanmenu, Kualitas Produk, Citra Merek, dan Iklan Terhadap Keputusan Pemebelian”.Diponegoro Journal Of Social AndPolitic.Hal 1-9. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/.Basu, Aji Abdi Bagus. (2015). “Pengaruh Personal Selling Terhadap MinatBeli Produk Takaful Dana Pendidikan (FULNADI) Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu”.Skripsi Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan BisnisIslam IAIN Bengkulu.Buanaswasta dan T. Hani Handoko.(2000). “Manajemen Pemasaran :AnalisisPerilakuKonsumen”.Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFEDinawan. R. M. (2010). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha Mio PT. Harapindo Jaya Semarang)”.Tesis Universitas Diponegoro. Semarang.Ferdinand, Hendra. (2013). “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, DanKualitasPelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca”.Jurnal Manajemen. FE-Universitas Sam Ratulangi,Manado.FureAT. (2000). “Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Strategik“. Research Paper Series, No. 01, Maret, Program MM. UNDIP.Geoge Clause, (2005). “MetodeManajemen Pemasaran”.Bandung : PenerbitAlfabeta.Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19”.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Ghozzali, Imam. 2007. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.Edisi kedua. Badanpenerbit Univesitas Diponegoro, Semarang.Hermawan,(2012) . “Agus. Komunikasi Pemasaran”.Jakarta: Erlangga.Kotler dan Keller. 2007. “Manajemen Pemasaran”.Jilid 2. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan. Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.Kotler, Philip dan Garry Amstrong. (2001). “Prinsip-Prinsip Pemasaran”.Edisikedelapan jilid 2.Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. (2002). “Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium”.Jakarta:PT.Prehallindo.Mardhikasari, Theresia. E. (2014). “Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Toko,danKeragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen MirotaKampus(Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas NegeriYogyakarta)”.Skripsi Manajemen. FE-Universitas Negeri Yogyakarta.Meldarianda, Resti dan Lisan Heky. (2010). Jurnal“Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada Resort Café AtmosphereBandung,17,2-97.”Oetomo, Amimah.(2014). “Pengaruh Keunggulan Tabungan Wadiah PelajarTerhadapMinat Menabung Siswa”.Skripsi Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan EkonomiIslam STAIN Bengkulu.Oktarina, Rahardian.A dan Nugraheni, Rini. (2010). “Analisis pengaruhkeragamanmenu, persepsi harga dan lokasi terhadap minat beli ulang konsumen(Studi pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang)”. Jurnal.Praba, Angesti Nimas Mira. (2014). “Analisis Minat Pedagang Pakaian PasarPanoramaTerhadap Produk Pembiayaan Mikro Bank Rakyat Indonesia(BRI) syariah KCP Panorama Kota Bengkulu”.Skripsi Jurusan Ekonomi Islam FakultasSyariah dan Ekonomi Islam STAIN Bengkulu.Saputra, Willy, 2010. “Pengaruh keragaman produk terhadap minat beli konsumen di matahari departmen store cabang kings shopping center bandung”.Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D)”. Bandung. Alfabeta.Umar. (2014). “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif”.Cet.2;Jakarta: Bumi Angkasa.Wardani, Hetty Sri. (2015). “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang”.Skripsi.Universitas Islam NegeriWalisongo.Wardani, Hetty Sri. (2015). “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadapminat beli konsumen muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang”.Skripsi.Universitas Islam Negeri Walisongo.

Collection

Citation

ENDRA PURWANTO NPM: 1534020136 et al., “PENGARUH LOKASI DAN KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT PADA PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed June 17, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/607.