ANALISIS KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN PADASISWA SMP MUHAMMADIYAH TERPADU KOTA BENGKULU

Dublin Core

Title

ANALISIS KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN PADASISWA SMP MUHAMMADIYAH TERPADU KOTA BENGKULU

Description

mentoring adala salah satu sarana tarbiyah islamiyah (pembinaan islami) yang di dalamnya terdapat proses belajar, secara umum mentoring merupakan kegiatan pendidikan dalam perspektif luas dengan pendekatan saling menasehati. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apa tujuan dilaksanakannya kegiatan mentoring keagamaan pada siswa SMP Muhammadiyah Terpadu kota Bengkulu? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan mentoring pada siswa SMP Muhammadiyah Terpadu kota Bengkulu ?Apa Hasil kegiatan mentoring pada siswa SMP Muhammadiyah Terpadu kota Bengkulu?.Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dan tekhnik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh peneliti kemudian dikategorikan dan dikumpulkan dari pertanyaan-pertanyaan penelitian, maka kemudian peneliti dapat menyimpulkan penelitian serta menggunakan alisis SWOT dalam melihat kekuatan kelemahan, peluang, sert ancaman mentoring keagamaan di SMP Muhammadiyah Terpadu kota Bengkulu . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa tujuan kegiatan mentoring ini adalah untuk menciptakan siswa yang berkhlakul karima yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur‟an dan Hadits, memfasilitasi minat dan bakat siswa, serta melatih siswa agar berani dan percaya diri, juga memotivasi agar mampu bertanggung jawab, dan lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur‟an. kegiatan mentoring pada siswa SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu dilakukan dengan cara berkelompok yaitu satu kelompok berisi5-10 orang siswa dengan masing-masing 1 (satu) mentor, kegiatan ini di awali dengan membaca bismillah secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan membaca Al-fatihah, kemudian pemberian materi mentoring oleh pembina masing-masing.Disamping itu juga kegiatan ini dapat membantu siswa (mente)dalam hafalan bacaan sholat, asmaul husna, bahkan surah-surah pendek, kemudian dengan adanya kegiatan mentoring ini juga membantu dalam peningkatanpercaya diri pada siswa (mente).

Creator

EEN WINARTI
NPM: 1519250005
Pembimbing I:
Surohim, S. Ag., M. Si
Pembimbing II:
Syukri Amin, S. Pd. I, MA
Penguji 1:
Dr. Rifa'i, M. Pd
Penguji 2:
Lety Febriana, M. Pd. I

Source

Pendidikan Agama Islam

Publisher

UPT Perpustakaan

Date

05 November 2020

Contributor

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rights

Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Language

Bahasa Indonesia

Identifier

Ali Abdullah halim Mahmud, Perangkat-perangkat tarbiyah Ikwanul Muslimin, (solo : Era Intermedia, 2011) ArikuntoSuharsimi, ProsedurPenelitian(Jaklarta: RinekaCipta, 2005),Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemah,Hadian, Super, Kementerian P dan K. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, (Jakarta : Balai Pustakan, 2002),KriantonoRahmat, TeknikPraktisRisetKomunikasi,(Jakarta: KencanaPrenada Media Group, 2007), Lubis Sastria Hadi, Rahasia Kesuksesan Halaqoh (Usroh), (tenggerang : Fatahillah Bina Alfikri Press, 2006), MulyanaDedi,MetodePenelitianKualitatif:ParadigmaBaruilmuKomunikasidanSosialMarzuki, MetodolgiRiset, (Yogyakarta: UII, 2006)Margono, MetodologiPenelitianPendidikan, (Jakarta: RinekaCipta, 2000) Moleonglexy, Op.cit,Miles B dan A.M. Huberman, 2002, Analisa Data Kualitatif, Jakarta: UI PressNata Abuddin, Sejarah pendidikan Islam (jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2004),Pohan Rusdin, MetodologiPenelitianPendidikan, (Yogyakarta: Lanarka Publisher, 2007), Ruswandi Muhammad, Manqiem,Mentoring, (Bandung : Syamsil, 2007), SudjonoAnas,PengantarStatistikPendidikan, (Jakarta: Mutiara, 1987) Sugiyono. 2011. MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: AlfabetaTim penulis BP2I, Pedoman Mentoring UniversitasMuhammadiyah Bengkulu 2011

Citation

EEN WINARTI NPM: 1519250005 et al., “ANALISIS KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN PADASISWA SMP MUHAMMADIYAH TERPADU KOTA BENGKULU,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed January 30, 2023, http://repo.umb.ac.id/items/show/639.