PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN
PADA PT. BATANGHARI BENGKULU PRATAMA

Dublin Core

Title

PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN
PADA PT. BATANGHARI BENGKULU PRATAMA

Description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja dan motivasi kerja terhadap produkrivitas PT. Batanghari Bengkulu Pratama. Pelatihan kerja dan motivasi kerja merupakan faktor atau aspek-aspek yang dapat mempengaruhi Produktivitas karyawan dalam suatu perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Batanghari Bengkulu Pratama. Sementara itu, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi sebanyak 70 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan analisa statistik dan Regresi Linear Berganda untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependent baik secara parsial maupun simultan dengan bantuan program SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pelatihan kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. Hasil ini dibuktikan dengan hasil fhitung sebesar 62.522 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000. Karena nilai fhitung dihasilkan lebih besar dari pada ftabel (3.31) dan nilai signifikan yang dihasilkan tersebut lebih kecil dari 0.05. Secara parsial pelatihan kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. Hasil ini dibuktikan dengan output Pelatihan kerja dengan output thitung> ttabel (2.240
> 1.99601) dengan nilai signifikan 0.028 < 0.05. Dan Motivasi kerja berpengaruh positip dan signifikan terhadap produktivitas dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel (2.114> 1.99601) dengan nilai signifikan 0.000< 0.05.

Creator

ENDRI SETIAWAN
NPM. 1634020125
Pembimbing : Drs. Taufik Bustami, MM
1. Dr. Onsardi., M.M Ketua (……………….)
2. Drs,Taufik Bustami S.E., M.M Anggota (……………….)
3. Eti Arini, S.E., M.M Anggota (……………….)

Source

MANAJEMEN

Publisher

upt

Date

09/03/2021

Contributor

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Rights

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Relation

Ardana,Dkk. 2012 Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Modern. Afabeta Bandung
Bangun, Wilson. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga. Jakarta.
Efendi, C., Sutardjo, A., & Gunawan, B. (2019). Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Lembah Karet Padang. Matua Jurnal, 1(1), 105-116.
Irawan, A. (2014). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Kantor Inspeksi Bank Rakyat Indonesia Jayapura. Future: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 125-133.
Juliana, V. C. (2016). Pengaruh Pelatihan kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Garut (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama).
Hanif, Y. W. (2017). Pengaruh Stress Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.
Lestari, P. A., & Sriathi, A. A. A. (2012). Pengaruh Pelatihan kerja, Lingkungan Kerja Fisik Serta Motivasi kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada PT. TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 2(9).
Mangkuprawira, Tb. Sjafri. (2009) Horison Bisnis, Manajemen Sumberdaya Manusia. Bogor:PT. Gramedia.
Mulyani, S. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan kerja, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Enigma. Jurnal Semarak, 2(1).
Nurjanah, L. I. (2019). Pengaruh Pelatihan kerja Dan Motivasi kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Mekanik Di Pt. Astra Internasional Tbk Toyota Sales Operation Auto (2000) Kapuk Branch (Doctoral Dissertation, IAIN)
Nurmilawati, N. (2017). Pengaruh Pelatihan kerja Dan Motivasi kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Pt. Eigerindo Multi Produk Industri (Doctoral Dissertation, Universitas Widyatama).
Nababan, Y. R., Tawas, H. N., & Uhing, J. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Pln (Persero) Area Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(3).
Putra, E. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Bangkinang Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Puspitasari, R. Pengaruh Motivasi kerja Dan Pelatihan kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan.
Putri, A. E. Pengaruh Rekrutmen, Pendidikan, Dan Pelatihan kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan.
Purwanto, T. Abstrak Pengaruh Pelatihan kerja Dan Motivasi kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di Pt. Fukoku Tokai Rubber Indonesia.
Risaprianti, S., & Saling, S. (2015). Pengaruh Insentif Dan Jaminan Sosial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV. Maju Makmur Jayapura. Future: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 45-54.
Salinding, R. (2012). Analisis Pengaruh Pelatihan kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Erajaya Swasembada Cabang Makassar (Doctoral Dissertation).
Saputra, S. H. (2019). Pengaruh Kompensasi, Motivasi kerja, Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di Pt. Sang Hyang Seri (Persero) Lampung Timur (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis).
Sulistiani, S., & Nuryana, I. (2019). Pengaruh Pelatihan kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2).
Sudarmanto, Kinerja. "Pengembangan Kompetensi SDM." Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2009).
Sirsa, I. M., Dantes, N., & Sunu, I. G. K. A. (2014). Kontribusi Ekspektasi Karier, Motivasi kerja, Dan Pengalaman Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Seririt. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Winata, A. (2017). Pengaruh Jaminan Sosial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Di Pt. Jatim Jaya Perkasa Kecamatan Kuba Kabupaten Rokan Hilir (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Wirayuda, B. (2009). Analisis Pengaruh Motivasi kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Matahari Putra Prima Tbk. Cabang Singosaren Surakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Wiyanto, M. A. Pengaruh Pelatihan kerja Dan K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Produksi Pt. Megah Nusantara Perkasa.
Yunior, D. R. (2018). Pengaruh Pelatihan kerja Terhadap Motivasi kerja Pegawai Pada Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan kerja Kesejahteraan Sosial Regional V Sulawesi Di Kota Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Format

pdf

Language

bahasa indonesia

Coverage

bahasa indonesia

Collection

Citation

ENDRI SETIAWAN NPM. 1634020125 and Pembimbing : Drs. Taufik Bustami, MM 1. Dr. Onsardi., M.M Ketua (……………….) 2. Drs,Taufik Bustami S.E., M.M Anggota (……………….) 3. Eti Arini, S.E., M.M Anggota (……………….) , “PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN
PADA PT. BATANGHARI BENGKULU PRATAMA
,” Repository Universitas Muhammadiyah Bengkulu, accessed June 17, 2024, http://repo.umb.ac.id/items/show/1579.